Inilah Jawaban Bupati soal Kritik DPRD atas Puskesmas dan RSUD

Sumbawa, PSnews – Sorotan atau kritik yang diberikan sejumlah Fraksi di DPRD Sumbawa terhadap Pemda Sumbawa terkait keberadaan Puskesmas dan RSUD Sumbawa ditanggapi oleh Bupati melalui Sekretaris Daerah – Rasyidi, dalam sidang paripurna Kamis (27/10/2016).

Dijelaskan menjelaskan, mengenai akreditasi Puskesmas hingga 100 persen yang menjadi target dalam rancangan perubahan RPJMD, maka telah mulai dilakukan peningkatan sistem manajemen mutu dan sistem manajemen pelayanan agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Menteri Kesehatan. Upaya ini harus didukung dengan memenuhi sarana prasarana Puskesmas, ketersediaan tenaga kesehatan dan peningkatan manajemen dan pelayanan.

Hingga saat ini baru satu Puskesmas yang terakreditasi yaitu Puskesmas Empang. Pada bulan November 2016 mendatang Komite Akreditasi Nasional akan melakukan penilaian terhadap Puskesmas unit II Sumbawa (Puskesmas Brang Biji). “Secara bertahap seluruh Puskesmas di Kabupaten Sumbawa harus terakreditasi secara nasional,’’ tandasnya.

Dengan akreditasi Puskesmas tersebut, diharapkan dapat memberikan jaminan kepada petugas Puskesmas bahwa pelayanan yang diberikan memenuhi standar yang telah ditetapkan, serta memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang sesuai standar.

Sementara terhadap pembangunan RSUD Sumbawa saat ini, dijelaskan bahwa pembangunan yang dilaksanakan tersebut diarahkan untuk menambah kapasitas daya tampung dalam memenuhi kebutuhan pelayanan rawat inap. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *