Arifin Panigoro : Perusahaan Tambang Harus Dekat dengan Masyarakat

Sumbawa, PSnews – Pemilik Medco Grup – Arifin Panigoro mengatakan, perusahaan tambang harus lebih dekat dengan masyarakat sekitar. Pemegang saham mayoritas PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) ini menganggap interaksi antara perusahaan tambang mineral yang ada di Indonesia sejauh ini belum maksimal.

Arifin Panigoro
Arifin Panigoro

Ini dibuktikan sendiri dari pantauannya di daerah sekitar tambang PTNNT maupun Freeport di Papua. Dia berharap keberadaan PTNNT ini bisa memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Sumbawa.
“Saya sudah pantau operasional tambang Batu Hijau ditemani pak Makassau (Presdir PTNNT). Pada kenyataannya interaksi dengan masyarakat masih belum maksimal. Kedepan perlu ditingkatkan,” ujar konglomerat nasional ini sesuai memberi kuliah umum di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) di Batu Alang Kecamatan Moyohulu Kabupaten Sumbawa, Senin (5/9/2016).

Kedepan diharapkan masyarakat sekitar harus dapat mengambil muliplier effect dari keberadaan tambang. Dia menyatakan keseriusannya dalam upaya mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengfan pengembangan proyek besar ini.
Untuk itu, dia meminta Pemda termasuk Perguruan Tinggi di daerah ini untuk berkorrdinasi dengan majamenen perusahaan. Setidaknya keberadaan perusahaan dapat dimanfaatkan untuk magang guna menambah pengalaman bekerja di perusahaan tambang mineral. Menurutnya, operasional tambang di Batu Hijau lalu diteruskan ke Elang Dodo merupakan kegiatan besar, karenanya interaksi dengan masyarakat juga harus terjalin dengan sebaik-baiknya. “Saya akan perintahkan manajemen untuk meningkatkan jalinan interaksi lebih dekat dengan masyarakat sekitar,” tandas Arifin Panigoro.
Sementara soal smelter, menurut Arifin, hla itu sudah menjadi kewajiban perusahaan seperti diisyaratkan oleh undang-undang. Terkait hal itu pihaknya sedang mengurusnya. (PSa)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *