Pemda Bentuk Tim Tangani Pasar Seketeng

Sumbawa, PSnews – Kesemrawutan Pasar Seketeng hingga kini belum juga bisa tertangani. Berbagai upaya Pemda sudah dilakukan untuk menata pasar tersebut. Namun hasilnya juga belum memperlihatkan perubahan.
Terhadap hal ini, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengatakan telah membentuk Tim untuk menangani Pasar Seketeng. Tim nantinya akan bekerja untuk melakukan penataan. Yang jelas, semua akan dilakukan secara persuasif. “Satu kata yang saya tekankan kepada Tim, tidak boleh ada diskriminasi, tidak boleh ada benturan. Jadi penyelesaian yang kita harapkan untuk pasar seketeng ini harus baik, rapi, bebas hambatan, dengan catatan sentuhannya persuasif,’’ tegas Bupati yang ditemui Pulau Sumbawa News, Rabu (13/4/2016).

Bupati mengaku yakin bila dilakukan dengan langkah yang tepat, maka penghuni Pasar Seketeng akan bersedia untuk ditata. Penegakan akan dilakukan, antara lain pedagang yang berada di luar pagar akan diminta untuk masuk, peti-peti yang tidak terpakai akan dibuang, sehingga pasar tidak lagi terlihat kumuh. “Ditata dan diarahkan dulu pedagang itu. Diberikan pemahaman. Kalau ada kekhawatiran bila yang di depan atau di luar pagar dipindah ke dalam maka barangnya tidak laku, kita akan giring masyarakat untuk datang. Bila perlu saya turun ke pasar untuk memberikan penjelasan kepada mereka,’’ tukasnya.

Ditegaskan bahwa penataan pasar Seketeng akan dikembalikan ke perencanaan awal. Gang-gang yang sempit di dalam pasar akan diperlebar seperti dulu, sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi para pedagang maupun pembeli yang berkunjung. “Sekarang bagaimana orang mau masuk ke sana, kalau jalannya sempit. Tapi kalau semua gang pasar itu diperbaiki dengan betul sesuai dengan hajat pertama, jalannya cukup lebar untuk dilewati masyarakat yang datang belanja, maka semuanya menjadi rapi dan nyaman. Tapi yang kita lihat sekarang hanya jalan setapak. Mereka harus sadar, tujuan Pemerintah ini untuk mengatur, agar pasar nyaman bagi tempat jual – beli,’’ demikian Bupati. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *