Mahasiswa UTS Terpilih sebagai Best Male Delegate IEAFCP 2016

Sumbawa, PSnews – IEAFCP (Indonesia East-Asia Friendship and Cultural Exchange Program) merupakan sebuah program yang diadakan oleh sekelompok anak muda yang dinaungi oleh komunitas Muda Menginspirasi, awalnya kegiatan ini berada dibawah BEM KM Universitas Gajah Mada (UGM), tapi seiring perkembangan dan bertambahnya peminat, muda menginspirasi akhirnya memisahkan diri dari BEM KM UGM dan mendirikan komunitas sendiri.

Menurut Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa, Dani Wijaya, yang terpilih sebagai terpilih sebagai Best Male Delegate IEAFCP 2016 terpilih sebagai Best Male Delegate IEAFCP 2016                                     bahwa Muda Menginspirasi merupakan salah satu komunitas di bawah naungan Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada.

Komunitas Muda Menginspirasi adalah forum kampanye kreatif yang bergerak aktif menyampaikan isu-isu seputar Pendidikan, Lingkungan,   dan Kesehatan di ranah mahasiswa dan generasi muda Indonesia.

Komunitas Muda Menginspirasi atau yang akrab dengan sebutan timMUMI  menjadi wadah bagi anak muda untuk dapat berperan melakukan sebuah tindakan yang tepat dan berkelanjutan demi pembangunan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Tidak hanya menjadi komunitas pemuda yang tanggap seputar isu Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan, timMUMI juga fokus terhadap isu dan permasalahan dunia terkini, sehingga diharapkan para pemuda dan mahasiswa dapat berperan aktif menjadi solusi dari permasalahan yang ada tersebut.

Pada tahun-tahun sebelumnya terang Dani, Muda Menginspirasi telah suskes menyelenggarakan ITFCP (Indonesia Thailand Friendship and Cultural Exchange Program 2014) dan IKFCP (Indonesia Korea Frienship and Cultural Exchange Program 2015) dan kegiatan IEAFCP(Indonesia East Asia Friendship and Cultural Exchange Program) tahun ini diadakan di Hongkong, China, dan Makau selama 7 hari dimulai dari tanggal 11-17 Januari 2016.

“Melalui kegiatan IEA-FCP 2016kita belajar banyak hal baru salah satunya seperti kita mengatahui dan merasakansecara langsung bagaimana keadaan atmosfer di negara tersebut, baik dari segi Pendidikan, Lingkungan, dan Budaya dengan menunjukkan budaya Indonesia serta mengenal dan memahami budaya di Hongkong, Macau, dan China,” kata Dani.

Selain itu sambungnya, mereka juga mendapat wawasan lebih untuk mempersiapkan diri terhadap perkembangan kehidupan di negara-negara superpowertersebutdengan cara yang menyenangkan yaitu melalui friendship dan tourism.

Dengan mengikuti program exchange ke luar negeri salah satunya yakni dengan program IEAFCP ini kita memiliki hubungan yang erat dengan Build a Links atau mencari relasi sebanyak mungkin, dalam kegiatan ini diikuti oleh berbagai Universitas tersohor Indonesia antara lain berasal dari Intitut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas DR. Moestopo, Universitas Widyatama, Universitas Pendidikan Indonesia, London School of Public Relation, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Padjadjaran  sudah dulu berdiri dibandingkan Universitas Teknologi Sumbawa.

Dani mengatakan, dari program exchange ini mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa bukan hanya bergaul dengan sesama mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Tapi memiliki kesempatan juga mengikuti perkembangan dunia pendidikan Universitas tua di Indonesia bahkan dengan universitas dunia seperti Chiness University of Hongkong yang merupakan universitas peringkat ke-3 di Hongkong, 6 di Asia dan 46 di duniaserta membangun relasi hubungan kerja kedepannya.

Selain itu dengan mengunjungi suatu negara kita bisa mempelajari kebaikan budaya dari negara tersebut dan mengambil pelajaran yang bermanfaat untuk di terapkan di Sumbawa atau setidaknya di lingkungan kampus Universitas Teknologi Sumbawa.

Dari kegiatan Indonesia East Asia Friendship and Cultural Exchange ini juga kita dapat mempromosikan lebih dengan menampilkan tarian kreasi Sumbawa yang dikemas sedemikian menariknya.

Hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi dirinya ketika bisa secara langsung memberikan kontribusi pada daerah Sumbawa di depan 400 lebih pejabat tinggi Hongkong-Indonesia, Pelajar dan Mahasiswa Indonesia, Tiongkok, China dan Hongkong jauh terkait budaya lokal daerah khususnya budaya Sumbawa di kancah internasional pada acara HKSIS (Hong Kong Society for Indonesian Studies).

“Selain itu pula suatu prestasi yang membanggakan bagi salah satu mahasiswa bioteknologi UTS atas nama Dani Wijaya (Saya) yang bisa terpilih sebagai Best Male Delegate IEAFCP 2016. Penghargaan Best Male Delegate IEAFCP 2016 ini diberikan kepada peserta delegasi Indonesia East Asia Friendship and Cultural Exchange Program dengan kriteriasoft skill comunicationdan memiliki rasa friendshipkepada sesama delegasi IEAFCP 2016,” timpalnya.

Tidak hanya itu, ia dan   rekannya sesama mahasiswa Teknobiologi UTS, Siti Amaniati bisa terpilih sebagai salah satu peserta dalam program Indonesia East Asia Friendship and Cultural Exchange Program (IEAFCP 2016) setelah melewati beberapa tahap seleksi, antara lain Seleksi Administrasi dan Wawancara.

Untuk Seleksi wawancara dilakukan di Universitas Gadjah Mada bagi calon peserta yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya sedangkan bagi yang berada diluar area seperti sumbawa dilakukan tes wawancara melalui skype.

Dalam kegiatan tersebut banyak sekali rangkaian acara yang telah disusun, diantaranya amazing race kegiatan ini bertujuan untuk melatih keberanian, kekompakan, dan tanggung jawab setiap partisipan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Selanjutnya, ada kunjungan ke Museum, Universitas dan Perusahaan yang ada di Hongkong, Makau, dan China.

“Menjadi mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa merupakan suatu keberuntungan dan kebanggaan tersendiri bagi kami, bertemu dengan masyarakat yang multicultural, berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang hebat, dan menjadi mahasiswa UTS jugalah yang menyebabkan kami dapat mengikuti program ini, dosen yang sangat mengayomi dan mendukung keinginan mahasiswanya,” ujar Dani.

Ia berharap dengan mengikuti program ini kami dapat menyebarkan semangat positif, membagi inspirasi kepada seluruh masyarakat Universitas teknologi sumbawa, Indomesia bahkan dunia. Keinginan yang kuat akan membuat keinginan itu terwujud karena semesta ikut mendukung dan berkontribusi dalam memahami sikap positif kita. Mereka juga juga ingin memberikan pengaruh yang nyata bagi orang-orang yang berada di sekitarnya. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *