Kebakaran Lahan Nyaris Lahap Pertamina Depo Badas

Sumbawa, Psnews – Depo Pertamina Badas Kabupaten Sumbawa nyaris terbakar habis jika saja pemadam kebakaran dan petugas keamanan setempat tidak sigap dan tanggap memadamkan api yang bersumber dari kebun milik warga yang tidak jauh dari komplek Depo. Sumber api pada saat kejadian Selasa (07/07/2015) siang tidak diketahui pasti. Namun diduga berasal dari pantai yang tidak jauh dari pipa BBM Pertamina. Para pekerja di Pertamina panik dan berusaha memadamkan api dibantu Sat Damkar.
Namun  tiupan angin yang berasal dari laut membuat api semakin menjadi-jadi. Dalam hitungan menit puluhan hektar lahan kering di bagian timur depo pertamina hangus terbakar. Kebakaran lahan ini mendapat perhatian lebih dari pemadam kebakaran dan pekerja pertamina.
Api diketahui muncul sekitar pukul 12 siang dan mulai merembet ke arah timur menuju pipa pengantar minyak dari kapal tengker di pelabuhan menuju tangki penampung minyak depo pertamina badas. Jika saja pemadaman terlambat dilakukan maka dipastikan akan terjadi kebakaran hebat di komplek depo pertamina badas.
kebakaran lahan di pertamina badas“Untuk memadamkan api, pemadam kebakaran mengerahkan enam kendaraan pemadam yang terus menyemprot api selama tiga jam hingga padam,” terang Kasat Damkar, Laurent di tempat kejadian.
Menurutnya, armada Damkar mengetahui terjadinya kebakaran lahan ketika dihubungi oleh salah seorang anggota unit buser Polres Sumbawa, Dadang, yang kemudian ditindaklanjuti dengan menuju ke lokasi. Setibanya di lokasi, Damkar segera melokalisir kobaran api.
Kobaran api pertama kali dipadamkan di jarak sekitar 30 meter dari jalur pipa distribusi minyak di pelabuhan tangker menuju tangki minyak di dalam komplek Depo Pertamina. (PSb)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment