Kebakaran Musuk, Disos Sumbawa Dirikan Dapur Umum TAGANA

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa menerjunkan tim Dapur Umum Lapangan (Dumlap) dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke lokasi kebaaran, Dusun Musuk, Desa Tangkampulit, Kecamatan Batu Lanteh.

Sejak Senin (29/5) hingga beberapa hari ke depan, Tagana menyiapkan makanan siap saji untuk 147 jiwa dari 46 KK yang rumahnya hangus terbakar dan mengalami rusak sedang. Selain itu juga menyiapkan makanan bagi para relawan dan petugas yang beraktivitas di lokasi kebakaran.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Linjamsos, Syarifah S.Sos., M.Si, Kamis (1/6), mengatakan, Tim Dapur Umum Tagana yang dikomandani Ketua Tagana Dedi Susanto S.Pd.I, direncanakan berada di lokasi bencana hingga Senin (5/6) mendatang. Keberadaannya juga bisa diperpanjang tergantung situasi di sana.

Untuk penanganan lebih lanjut bagi para korban, pihaknya masih menunggu kelengkapan hasil pendataan guna pendistribusian cadangan beras pemerintah (CBP), di samping kebutuhan lainnya.

Hasil komunikasi dengan Tim Tagana di lapangan, ungkap Ibu Ipok—sapaan akrabnya, kebutuhan korban kebakaran di Musuk yang mendesak saat ini adalah terpal, matras, selimut, air minum, logistic, pakaian layak pakai, perlengkapan bayi, perlengkapan lansia, dan peralatan dapur.

Sejauh ini, kata Ibu Ipok, selain bantuan tanggap darurat dari pemerintah daerah, bantuan juga datang dari para relawan dan dermawan. Terkait dengan tempat tinggal sementara para korban, sebagian ditempatkan di sekolah, sebagian lagi mengungsi di rumah keluarganya.

Seperti diberitakan, peristiwa kebakaran di Dusun Musuk, Desa Tangkampulit Kecamatan Batu Lanteh, terjadi pada Senin (29 Mei 2023) pagi, pukul 09.00 Wita. Dalam musibah itu, 24 rumah hangus, dan 5 lainnya rusak sedang. Penyebabnya masih dalam penyelidikan. (PSz)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment