Selalu Berempati pada Kaum Disabilitas, Ketua DPRD Sumbawa dapat Pujian dari Pihak SLBN 1 Sumbawa

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Rasa simpati terhadap kaum disabilitas yang ditunjukkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq mendapat pujian dari pengelola dan tenaga pendidik Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Sumbawa Besar. Untuk menyampaikan rasa bangganya, pihak pengelola beserta tenaga pendidik SLBN 1 datang berkunjung menemui politisi PDI Perjuangan pada Senin (20/12/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka penguatan tali silaturahmi dan pengembangan sekolah. Rafiq menyambut gembira kedatang rombongan.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala SLBN 1 Sumbawa Besar Sri Wahyuningsih, M.Pd mengatakan bahwa semangat para guru dan pengelola sangat terdongkrak saat Ketua DPRD hadir di tengah tengah para penyandang disabilitas pada Momentum Hari Disabilitas Internasional beberapa waktu lalu. Saat itu Rafiq memberikan spirit lebih bagi para pengurus untuk melakukan percepatan pembangunan, pengoptimalan kemampuan siswa SLB melalui program ketero dan program unggulan. “Sejauh ini program semacam itu telah berjalan di SLB, namun belum optimal,” ungkap Yuni sapaan akrab Sri Wahyuningsih.

Pada kesempatan tersebut, Sri mengenalkan karya buah tangan siswa-siswi SLBN I Sumbawa berupa baju batik dan tas multifungsi. “Ini adalah karya siswa-siswi SLBN I Sumbawa yang dibuat dengan penuh semangat dan perjuangan,” ujar Yuni.

Lebih lanjut Yuni mengatakan, bahwa pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua wali murid. Kiga komponen tersebut tidak bisa dipisahkan. Dibutuhkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan terutama pada anak-anak yang berkebutuhan khusus. “Sehubungan dengan kedatangan kami, seiring jalan sebagai pendekatan kepada para wakil rakyat untuk memberikan spirit dan jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi lembaga,” terangnya.

Sejak SLBN I Sumbawa didirikan pada tahun 1983 saat ini keberadaannya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terbukti dengan semakin bertambahnya peserta didik yang ikut memanfaatkan layanan pendidikan yang terbuka. “Hal inilah yang mendorong SLBN Sumbawa untuk terus berbenah dengan meningkatkan layanan dan sarana yang memadai,” bebernya.

Adapun jenjang pendidikan di SLBN I Sumbawa yang telah dibuka adalah pendidikan SDLB, SMPLB dan SMALB dari semua jenis kelainan. Siswa yang ditampung merupakan siswa yang memiliki hambatan dalam hal penglihatan (Tunanetra), kecerdasan ( Tuna Grahita), Kelainan Fisik ( Tuna Daksa) Kelainan Sosial (Autis) Kelainan Bicara ( Tuna Rungu). Semuanya adalah putra putri yang ada di sekitar sekolah bahkan yang datang dari luar Kecamatan Sumbawa. “Demi kelancaran dan peningkatan mutu serta sarana dan prasarana dalam segi pembangunan kami sangat mengharapkan dukungan DPRD dan semua pihak,” ungkap Yuni.

Atas segala harapan dan pemaparan kepala sekolah dan jajaran Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq merespon positif. “Insya Allah kami siap support kebutuhan SLBN I Sumbawa. Bagaimanapun Pendidikan harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan. Ini adalah hal yang prioritas dan mendesak, terlebih SLBN menerapkan pendidikan berasrama. Tentunya kebutuhannya sangat kompleks,” tandas wakil rakyat yang tercatat sebagai Caleg yang memilik perolehan suara tertinggi dalam sejarah Pemilihan Anggota Legislatif di Kabupaten Sumbawa tersebut. “Semoga dengan sarana yang memadai bisa, meningkatkan pelayanan pendidikan untuk anak anak berkebutuhan khusus, peserta didik akan lebih nyaman,” tutup Rafiq. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *