BPBD Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Musim Kemarau

Sumbawa, PSnews – Berbagai langkah antisipasi mulai dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa dalam menghadapi musim kemarau. Salah satunya memetakan daerah yang dinilai rawan terjadi bencana kekeringan.

Kepada wartawan, Kepala Pelaksanan BPBD Kabupaten Sumbawa – A. Rahim didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik – M. Nur Hidayat mengatakan, pihaknya intens melakukan koordinasi dengan BMKG, terkait cuaca yang terjadi di daerah. Sehingga diprediksi, musim kemarau bakal terjadi dalam beberapa bulan mendatang.

Diungkapkan, beberapa langkah antisipasi menghadapi musim kemarau telah dilakukan. Seluruh Camat dan Kepala Desa diminta untuk melaporkan lokasi mana saja yang sudah mulai dilanda kekeringan di wilayah masing-masing, termasuk daerah yang rawan kekeringan. ‘’Kita petakan daerah rawan kekeringan di Sumbawa ini,’’ terangnya.

Dilanjutkan, pihaknya juga sedang meneliti lokasi sumber air untuk pendistribusian diwilayah yang memiliki titik kekeringan terbanyak. ‘’Kita evaluasi data tahun kemarin, sambil kita pantau perkembangannya seperti apa. Karena curah hujan semakin sedikit, lahan pertanian sudah banyak yang menanam jagung, mungkin serapan air tanah berkurang. Bisa jadi yang tahun kemarin banyak air, tidak ada air nantinya. Itu yang perlu kita lakukan penelusuran nantinya yang ada di kecamatan,’’ tuturnya.

Selain itu, langkah antisipasi lain yang dianggap penting yakni menyiapkan anggaran untuk air bersih dari APBD. Sehingga, ketika nanti dalam laporan sudah ada daerah terdampak kekeringan dan meminta untuk penyaluran air bersih, maka pihaknya sudah siap. ‘’Kalau ada kejadian (Kekeringan) mendadak, sudah ada dananya. Jadi saat ini sedang berproses pendataannya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment