Bupati Sumbawa Ingatkan Pentingnya Sensus Penduduk

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – M Husni Djibril memimpin upacara bendera Senin pertama bulan Februari (3/2) di halaman Kantor Bupati Sumbawa. Dalam kesempatan itu, Bupati mengingatkan semua pihak akan pentingnya pelaksanaan sensus penduduk yang terlaksana pada bulan ini juga.

Lebih jauh dijelaskan, sensus penduduk 2020 terlaksana pada 15 Februari sampai 31 Maret mendatang, dan bisa diakses secara online. Dengan begitu, sensus penduduk dapat dilakukan kapan dan dimana saja secara mandiri melalui laman : www.bps.go.id.

Sensus penduduk secara online menurut Bupati sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mempunyai kesibukan, sehingga sulit ditemui petugas. Adapun bagi masyarakat yang terlewat dari sensus secara online, tetap akan terdata pada sensus penduduk dengan sistem wawancara yang akan berlangsung mulai 1 sampai dengan 31 Juli 2020. ‘’Perlu saya tekankan bahwa sensus penduduk ini sangat penting dalam rangka update data kependudukan dan data lainnya. Sehingga kebijakan perencanaan pembangunan benar-benar didukung oleh data yang valid, bukan lagi berdasarkan prediksi,’’ terangnya.

Pada kesepatan itu, Bupati juga mengajak semua pihak agar merapatkan barisan untuk bekerjasama, berkolaborasi, dan bersinergi dalam memenuhi target-target pembangunan yang hendak digapai pada tahun 2020 ini dengan tema pembangunan daerah yang diusung, yaitu : “Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Pemantapan Pelayanan Dasar, Penguatan Ekonomi Lokal Dan Pengembangan Inovasi”.

Untuk bisa mengimplementasikan tema tersebut, lanjut Bupati, tentunya membutuhkan keseriusan, kerja keras, dan kebersamaan agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Diakui bahwa tahun anggaran 2020 ini merupakan tahun yang penuh tantangan, sebab volume pendapatan daerah tidak mengalami peningkatan, sementara beban belanja bertambah signifikan, antara lain untuk membiayai Pilkada Sumbawa, membiayai pembangunan infrastruktur strategis di beberapa tempat di Kabupaten Sumbawa pada tahun 2020. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *