Pengerjaan Tiga Pasar Diyakini Tuntas Lebih Awal

Sumbawa, PSnews – Dalam tahun ini, sebanyak tiga pasar di Kabupaten Sumbawa sedang dibangun menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Ketiga proyek ini diyakini dapat tuntas lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan.

Arif Alamsyah

Plt. Kepala Bapenda Sumbawa – Arif Alamsyah yang ditemui media ini menyebutkan, ketiga pasar dimaksud yakni Pasar Alas, Pasar Empang dan Pasar Utan. Terhadap semua pengerjaan pasar tersebut diberikan waktu penyelesaian selama empat bulan. Pengerjaannya dimulai sejak 20 Juli lalu dan berakhir pada 20 November 2019 mendatang. “Yang tiga ini kita optimis lebih cepat dari jadwal. Karena kita dikasih waktu empat bulan sampai tanggal 20 November dari 20 Juli,’’ paparnya.

Menurutnya, sejauh ini progress pembangunan ketiga pasar tersebut dinilai sudah cukup bagus. Seperti halnya Pasar Empang pekerjaannya sudah mencapai 60 persen. Apalagi pekerjaannya tidak terlalu rumit, hanya pemasangan paving blok di seluruh areal pasar. “Pasar Empang ini, ada keluhan pedagang pasar agak rendah dan becek. Sehingga demi kenyamanan aktifitas pedagang dan pembeli kita pasang paving blok. Intinya perbaikan pelayanan demi kenyamanan aktifitas pedagang dan pembeli,’’ terangnya.

Kemudian Pasar Utan, juga pekerjaannya tidak terlalu rumit karena merupakan lanjutan, yakni pemasangan keramik di seluruh lantai I dan II lokasi pasar yang baru. Progresnya saat ini sudah sekitar 57 persen. Pekerjaannya tersisa pemasangan batu andesit untuk tangga depan dan papan nama beserta asesoris ornament lokal Sumbawa. Kemudian juga akan dikerjakan meja pedagang ikan yang terbuat dari keramik.  “Rencananya tahun ini selesai, Pasar Utan bisa dipindah dari pasar sebelumnya di Desa Motong ke lokasi baru di belakang Polsek Utan,’’ ujarnya.

Sementara Pasar Alas, pekerjaannya membuat satu los besar ukuran 35 x 20 dengan material baja berat. Saat ini memang progresnya masih 30 persen karena masih menunggu pengiriman baja. Jika baja sudah terkirim, maka nantinya untuk pemasangan progresnya akan melonjak. “Sekarang ini sudah dalam proses pengiriman. Sudah dipabrikasi tinggal diinstal dan diberdirikan saja. Pondasinya sudah siap, tinggal menunggu pemasangan baja,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *