45 Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Periode 2019-2024 Dilantik

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Sumbawa periode 2019-2024 resmi dilantik pada Senin (26/8/2019) di Ruang Sidang Utama Lantai 2 gedung DPRD Sumbawa. Tampak ratusan undangan, partisipan maupun keluarga, memadati gedung tempat berlangsungnya pelantikan.

Ketua DPRD Sumbawa sebelumnya, L Budi Suryata dalam sambutannya menyatakan permohonan maaf dari Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Sumbawa periode 2014-2019, jika selama melaksanakan tugas terdapat kesalahan. “Kami menyadari banyak perbedaan pendapat dan pandangan yang selama ini berkembang, baik dalam forum pembahasan bersama legislatif dan eksekutif, marilah kita fahami perbedaan tersebut sebagai wujud dinamika serta dialektika demokrasi yang sepenuhnya dihajatkan untuk kepentingan rakyat Sumbawa,’’ ujar politisi PDIP yang berhasil lolos menjadi Anggota DPRD Provinsi NTB 2019-2024.

Budi juga menyampaikan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa dan seluruh jajarannya, anggota Forkopimda, beserta Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta lainnya atas kerjasamanya selama ini. “Harapan kami, Anggota DPRD yang baru untuk segera bekerja dan menjalankan fungsinya dengan penuh amanah dan profesional untuk meningkatkan kapasitas melalui pendidikan dan pelatihan, akan sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja Anggota DPRD yang baru,’’ harapnya

Dalam kesempatan itu, Sekretaris DPRD Sumbawa – Amri membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur NTB Nomor 171.2-612 Tahun 2019 tentang Pelantikan dan Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa masa jabatan tahun 2019-2024. 
Kemudian, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar memandu pengambilan sumpah janji 45 anggota DPRD Kabupaten Sumbawa yang baru.

Ketua DPRD Sementara A Rafiq (tengah) diapit oleh Bupati Sumbawa M Husni Djibril dan Wakil Ketua DPRD sementara

Ketua DPRD Sumbawa sementara – Abdul Rafiq dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa yang telah berpartisipasi dalam Pemilu tahun 2019, sehingga berlangsung sesuai dengan harapan. Termasuk kepada KPUD Sumbawa yang telah melaksanakan tahapan Pemilu dengan baik. Juga Bawaslu yang telah berupaya mengawasi Pemilu sesuai peraturan yang telah ditetapkan. “Kami berterima kasih kepada semua pihak, sehingga pemilu bisa berjalan dengan baik, jujur dan aman,’’ tuturnya.

Rafiq juga berterimakasih atas penunjukan dirinya sebagai Pimpinan DRPD sementara, dengan harapan, tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Ia megharapkan adanya dukungan dan kerjasama yang konstruktif dan harmonis dengan para Anggota Dewan dan semua pihak, demi kelancaran pelaksaan tugas-tugas Dewan. “Kami tegaskan, kami berkomitmen, bersungguh-sungguh dalam mengemban semangat kerakyatan, mewujudkan DPRD Kabupaten Sumbawa yang lebih maju dan lebih baik, menciptakan cek and balance sistem secara konstruktif dan produktif menuju Kabupaten Sumbawa Hebat dan Bermartabat,’’ ujarnya.

45 Anggota DPRD menempati kursi masing-masing

Adapun nama-nama anggota DPRD yang dilantik.
Dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 masing-masing :

  1. Ridwan SP (PKB),
  2. Drs. Muhammad Ansori (Partai Gerindra),
  3. Edi Sahriansyah SE (PDIP),
  4. Gahtan Hanu Cakita (Partai Golkar),
  5. Yuliana (Partai Nasdem),
  6. Adizul Sahabuddin, SP (PKS),
  7. Ahmad Fachri (PAN),
  8. Muhammad Yamin, SE., M.Si (Partai Hanura),
  9. Samsul Fikri AR, S.Ag., M,Si (Partai Demokrat),

Dari Dapil 2 :

  1. Sukiman K, S.Pd.I (PKB),
  2. Sarifudin S.Pd (Partai Gerindra),
  3. Abdullah (PDIP),
  4. Edi Sarifudin (Partai Nasdem),
  5. Hasanuddin, S.E (Partai Berkarya),
  6. Nanang Sahrudin S.Ap (PKS),
  7. Ahmad Adam (PPP),
  8. H. Mustajibuddin (PAN),
  9. Muhammad Yasin SAP (Partai Demokrat),

Dapil 3 :

  1. H. Ruslan (PKB),
  2. Muhammad Faisal S.Ap (Partai Gerindra),
  3. Hj Jamilah S.Pd., SD (PDIP),
  4. Hasanuddin HMS (Partai Golkar),
  5. Sahrul SE (Partai Nasdem),
  6. Syaifullah S.Pd (PKS),
  7. Muhammad Nur S.Pdi (PPP),
  8. Irwandi (Partai Hanura),
  9. Budi Kurniawan ST (Partai Demokrat),

Dapil 4 :

  1. Sri Wahyuni (PKB),
  2. M. Tahir (Partai Gerindra),
  3. Abdul Rafik (PDIP),
  4. Gita Liesbano SH., MKN (PDIP),
  5. Berlian Rayes, S.Ag (Partai Golkar),
  6. Bunardi A.Md. PI (Partai Nasdem),
  7. Ismail Mustaram, S.H (PPP),
  8. H. Salman Alfarisi, S.H (PAN),
  9. Cecep Lisbano SIP, M.Si (Partai Hanura),
  10. Basarudin S.AP (Partai Demokrat),
  11. Muhammad Saad, S.Ap (PKPI),

Dapil 5 :

  1. Hamzah Abdullah (Partai Gerindra),
  2. Dra. Saidatul Kamila Djibril (PDIP),
  3. Indra Diawan, S.Pd (PKS),
  4. Junaidi (PPP),
  5. Ida Rahayu  S.Ap (PAN),
  6. Sri Wahyuni (Partai Demokrat)

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara  pengucapan sumpah anggota DPRD secara simbolis oleh Ida Rahayu dan A. Rafiq, serta penyerahan Pimpinan DPRD Sumbawa dari H. Lalu Budi Suryata kepada pimpinan sementara DPRD Sumbawa A. Rafiq yang ditandai dengan penyerahan palu sidang. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *