Wabup Minta OPD Dukung Pengawasan Inspektorat

Sumbawa, PSnews – Inspektorat Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Pemutakhiran Data Tidak Lanjut Hasil Pemeriksaan Tahun 2018, pada Senin (17/12/2018). Dalam kesemaptan itu, Wakil Bupati Sumbawa – H. Mahmud Abdullah meminta seluruh pimpinan OPD agar mendukung segala bentuk pengawasan yang dilakukan Inspekstorat.

‘’Kegiatan pemutakhiran data pada hakekatnya merupakan suatu upaya untuk mengetahui sejauh mana langkah-langkah yang telah diambil pimpinan unit kerja/instansi obyek pemeriksaan, dalam menindaklanjuti temuan/rekomendasi hasil pemeriksaan, terutama indikasi kerugian Negara atau kewajiban setor kepada Negara atau daerah,’’ ujar Haji Mo – sapaan akrab Wabup.

Menurutnya, penyelenggaraan pemerintah pada hakekatnya tidak terlepas dari prinsip-prinsip manajemen modern, dimana fungsi-fungsi organik manajemen, seperti perencanaan, melekat fungsi pengawasan preventif; pelaksanaan, melekat fungsi pengawasan cross check and balances; evaluasi, melekat fungsi pengawasan refresif. ‘’Saya minta komitmen para pimpinan OPD untuk mendukung dan menerima seluruh kegiatan pengawasan tersebut dengan baik. Kepada Inspektorat untuk lebih meningkatkan kemampuan diberbagai aspek, baik pengorganisasian, sumber daya personil, dan metode kerja, guna mewujudkan kinerja yang sesuai harapan masyarakat,’’ tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Inspektorat Sumbawa – H. Hasan Basri menyatakan, rapat pemutakhiran data sangat penting dalam rangkaian proses kegiatan pengawasan, karena hasil pengawasan tanpa tindak lanjut adalah suatu yang sia-sia. Tujuan dan maksud rapat ini untuk mengevaluasi sejauh mana hasil pengawasan yang sudah atau belum ditindaklanjuti dan penyempurnaan pekerjaan, perbaikan pekerjaan atau belum sesuai temuan yang tercantum dalam Laporan Hasil Pemeriksaan. 

Dikatakan, di tahun 2018 kinerja auditor Inspektorat Sumbawa mengalami peningkatan, baik secara kwantitas laporan hasil pemeriksaan maupun kualitas hasil pemeriksaan. Hasil pemeriksaan terkait pemeriksaan dengan tujuan tertentu terhadap pengelolaan keuangan desa, kerjasama dengan BPK Perwakilan NTB menjadi bukti peningkatan kwalitas Auditor Inspektorat Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *