Universitas Samawa Kian Menggeliat

Sumbawa, PSnews –  Kiprah Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa dalam upaya meningkatkan kualitasnya kian menggeliat saja. Tahun ini prestasi perguruan tinggi terbesar di Sumbawa ini mengalami kemajuan, diantaranya PKM yang cuma ada satu, sekarang sudah ada enam. Kegiatan para dosen UNSA yang semula dalam klaster ‘binaan’ sekarang sudah naik menjadi klaster ‘madya’ dan akan diupayakan untuk ditingkatkan menuju tingkat klaster ‘utama’. “Alhamdulillah semua berpacu untuk mengarah kepada kemajuan prestasi. Semoga prestasi yang dicapai sekarang ini menjadi perkembangan kampus kita. Saya yakin, dengan nama besar UNSA. Keberadaan kita sebagai universitas tertua di Kabupaten Sumbawa dan alumninya cukup banyak dan tersebar di mana-mana, kedepan UNSA akan lebih maju,” tegas Rektor UNSA Prof. DR Syaifuddin Iskandar MPd didampingi Wakil Rektor (Warek) III, DR Budi Prasetyo SSOs, MAp, usai kegiatan buka bersama sekaligus milad Rektor UNSA ke – 58, Selasa (06/06/2017) di kampus UNSA.

Prof Ude sapaan akrab Rektor UNSA memaparkan, bahwa visi UNSA dalam program kerja mengharuskan dosennya bergelar doktor atau sarjana (Strata-3). “Karena itu, saat ini yang sudah gelar Doktor (DR) ada 8 orang, yang sedang sebanyak 19 orang dan yang akan berangkat sebanyak 7 orang. Sehingga total keseluruhannya sekitar 40-an,” paparnya.
Selain itu, belakangan ini reakreditasi terhadap 9 prodi hasilnya sudah ada, yakni 5 prodi yang mendapat nilai B semula masih nilai C. Namun diprediksi ke-9 prodi tersebut akan mendapat nilai B. Karena itu, dari keseluruhan ada 16 prodi di UNSA ada 14 prodi yang meraih nilai B. Sedangkan 2 prodi merupakan prodi baru. “Jika sudah ter-akreditasi B maka kita punya peluang kerjasama di luar negeri,” tandasnya.
Disamping itu, dana hibah yang nilainya ratusan miliar bisa didapat. Sementara great kampus ini sesuai hasil riset Kopertis VIII berada di urutan ke 7 dan nomor II di NTB setelah UNRAM.
Kedepan UNSA melakukan pengembangan dengan sistem paralel, artinya Pengembangan kapasitas dosen mulai dari kapasitas, kualifikasi pendidikan, kualifikasi penelitian dan kualifikasi pengabdian. Paralel dengan penciptaan penalaran mahasiswa, penciptaan minat bakat mahasiswa dan penciptaan kesejahteraan mahasiswa.
Di tempat yang sama, Wakil Rektor (Warek) III UNSA, DR. Budi Prasetyo SSos, MAP menambahkan, bahwa saat ini UNSA sedang menghadapi tiga momentum kegiatan tingkat nasional. Dalam waktu dekat di bulan Agustus akan mengikuti MTQ Mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya di Malang. Kedua, persiapan mengikuti Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (Pomnas) yang akan diselenggarakan di Makasar pada bulan November mendatang, serta persiapan mengikuti Pimnas.
Terhadap upaya Penegerian UNSA tetap berjalan sesuai proses yang ada. Administratif sudah ada, tinggal menunggu dibukanya moratorium. “Persoalan penegerian UNSA menjadi janji Wapres dan itu prioritas, termasuk DPR RI juga sudah support, tinggal kuncinya buka moratorium,” tandas Budi. (PSj)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *