Pelaksanaan HUT TAGANA NTB di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa sukses melaksanakan peringatan HUT Taruna Siaga Bencana (TAGANA) NTB ke – 13 yang dipusatkan di Desa Rhee Kecamatan Rhee pada 27 – 29 April 2017. Kegiatan Apel Siaga menjadi puncak dari perayaan HUT tersebut.

Ketua Panitia – Dedi Susanto dalam laporannya mengatakan, HUT TAGANA NTB ke-13 ini dihadiri sekitar 300 anggota TAGANA dari 10 kabupaten/kota di NTB. Selain menghadiri apel siaga, pihaknya telah melaksanakan bhakti sosial meliputi bedah rumah salah seorang nelayan miskin di Desa Rhee. Kemudian TAGANA Goes to School di SMAN 1 Rhee guna memberikan wawasan kepada para pelajar tentang penanggulangan bencana dan pencegahan tindak kekerasan. Selanjutnya melaksanakan penanaman pohon sebagai upaya pelestarian lingkungan yang merupakan bagian dari mitigasi bencana. Serta bekerjasama dengan PMI Sumbawa menggelar kegiatan donor darah untuk mengatasi kekurangan stok darah. Selain itu, berbagai lomba juga digelar. Diantaranya Lomba Shelter yakni bongkar pasang tenda dengan menilai kecepatan, kerapian dan kekompakan. Lomba Yel-yel dan Lomba Mars TAGANA, untuk membangkitkan semangat dan jiwa korsa para relawan kemanusiaan tersebut. Penutupnya tadi malam, TAGANA menggelar hiburan rakyat.

Dalam kesempatan itu, Dedi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan tersebut, terutama Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Desa dan masyarakat Rhee. Secara khusus kepada empat pimpinan DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata, A Rahman Alamudy, H Ilham Mustami, dan Kamaluddin, serta anggota DPRD Dapil 4 Berlian Rayes yang merasa bangga, karena bersedia menjadi anggota kehormatan TAGANA. ‘’Kami berharap kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan daerah,’’ tandasnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Provinsi NTB, mengaku sangat puas dengan kegiatan HUT TAGANA di Kabupaten Sumbawa. Ia mengapresiasi kinerja panitia yang menggelar kegiatan ini secara meriah dan melibatkan semua tingkatan pemerintah dari kabupaten, kecamatan hingga desa. Hal ini menggambarkan bahwa kinerja dan kegiatan TAGANA di Kabupaten Sumbawa selama ini mendapat dukungan dari semua pihak. ‘’Teruslah menjadi yang terdepan dalam menangani bencana,’’ ujarnya

Dalam apel siaga tersebut, Wakil Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah bertindak sebagai inspektur upacara. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua dan para pimpinan DPRD Sumbawa, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB dan rombongan, Kadis Sosial Sumbawa dan Kadis Sosial kabupaten/kota di NTB, Kepala SKPD, Camat Rhee dan kepala desa se-Kecamatan Rhee, serta anggota TAGANA dari 10 kabupaten/kota. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment