Calon Paskibraka Sumbawa Dapat Pujian dari Provinsi

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 45 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumbawa mengikuti seleksi untuk calon Paskibraka tingkat Provinsi NTB tahun 2017. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Sumbawa, Rabu (12/4/2017). Peserta yang terdiri dari 23 putri dan 22 putra ini dinilai memiliki fisik dan postur tubuh lebih sesuai dengan kriteria Paskibraka, dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain di Pulau Sumbawa. “Dari perjalanan di tiga Kabupaten/Kota, empat dengan Sumbawa. Postur yang paling banyak bagus itu di Sumbawa,” puji Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB – Suhaimi kepada wartawan.

Diungkapkan, selain melihat dari segi fisik dan postur tubuh, panitia seleksi juga akan melihat keterampilan peserta dalam penguasaan PBB, Pengetahuan Daerah, Pengetahuan Umum, Pengetahuan Khusus, Akademik dan Keagamaan. Tak kalah pula pentingnya penilaian kesehatan dan kebugaran para peserta. “Yang paling penting pengetahuan daerahnya, itu harus dikuasai,” tambahnya.

Dijelaskan, dalam pemilihan Paskibraka tidak ada istilah pembagian perwakilan di masing-masing Kabupaten/Kota. Setiap peserta yang sesuai dengan kriteria dapat menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi bahkan Nasional. Sehingga, di suatu Kabupaten/Kota kemungkinan tidak ada pesertanya yang dapat lolos penseleksian, jika persyaratan itu tidak ada yang terpenuhi.

Selanjutnya, dari seluruh Kabupaten/Kota Se-NTB peserta yang diambil hanya sebanyak 30 pelajar. Kemudian, dari 30 anggota Paskibraka ini nantinya akan diseleksi kembali untuk mewakili Provinsi ditingkat Nasional. “Dari 30 nanti dua untuk nasional dan 28 untuk Provinsi. Untuk nasional kita lanjutkan di Provinsi dari 3 sampai 5 Mei. Dan nama yang dikirim untuk nasional itu paling lambat 25 Mei,” jelasnya.

Sementara itu, pembinaan dan pemilihan Paskibraka di Sumbawa juga dinilai paling eksis dalam mencari calon-calon anggota baru. Ini terlihat dari peserta yang mengikuti seleksi saat ini dan dalam pencariannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. “Tahun 2016 Paskibraka putri kita mebawa bendera. Dan diharapkan di tahun ini putranya juga dapat menjadi pengibar benderanya,” Pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *