Pisah Sambut Kapolda NTB, Gubernur Sebut Jendral Umar Sangat Menginspirasi

Mataram, PSnews – Gubernur NTB TGH M. Zainul Majdi menyebutkan, kepemimpinan Brigjen Pol. Drs. Umar Septono sangat menginspirasi. Pujian itu disampaikan Gubernur pada acara Pisah Sambut Kapolda NTB digelar Pemerintah provinsi NTB di Pendopo Gubernur NTB, Kamis (17/2) malam.

Acara pisah sambut Kapolda NTB tersebut yakni perpisahan pejabat lama Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Umar Septono yang dimutasi ke Mabes Polri menjabat sebagai Kakor Sabhara Baharkam Polri dan menyambut pejabat baru Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, Msi, yang sebelumnya menjabat Wakapolda Jawa Tengah.
Hadir pada kesempatan tersebut, Gubernur NTB, TGH M. Zainul Majdi, pejabat lama dan pejabat baru Kapolda NTB masing-masing beserta istri, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) NTB, Kepala SKPD Provinsi NTB, dan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat seperti Ketua MUI dan ketua paguyuban etnis di NTB.
Gubernur menyampaikan ucapan terimakasihnya atas sumbangsih yang diberikan pejabat lama Kapolda kepada NTB. “Pak Umar Septono sudah memparipurnakan tugasnya di sini. Izinkan saya mengapresiasi setinggi-tinginya kepemimpinannya yang sangat menginspirasi,” ungkapnya.
Selama bertugas di NTB sejak Juni 2015 sampai Februari 2017, pelayanan masyarakat selalu menjadi prioritas Umar Septono sebagai Kapolda. Contoh bentuk pelayanannya antara lain, membantu penanganan kekeringan di berbagai titik di NTB, membuat Gerakan Empati Seribu Rupiah yakni gerakan mengumpulkan uang seribu rupiah setiap anggota polisi di NTB dari Polsek hinggal polda setiap apel pagi untuk memberikan bantuan sembako dan nasi bungkus kepada masyarakat miskin, membantu penanganan bencana alam seperti Banjir dan tanah longsor, mediasi konflik antar kampung dengan musyawarah, sebagai ketua tim penyelesaian sengketa tanah KEK Mandalika, Pengamanan daerah Pariwisata serta penanganan terorisme.
Kepada pejabat baru Kapolda NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) panggilan populernya Gubernur NTB menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas. “NTB ini selalu kebagian orang baik. Dengan Kebaikan hati, terbangunlah NTB kita dan semoga mudah-mudahan lebih baik lagi,” harapnya.
Kata Ikhlas dan Menyentuh dari Umar Septono
Dalam pesan dan kesan yang disampaikan Jendral Umar Septono, menuturkan, pada awalnya ia mengaku takut mengemban jabatan sebagai Kapolda di NTB, karena jabatan baginya merupakan amanah dari tuhan yang bukan untuk dibanggakan dan disombongkan. Pria yang dikenal yang dikenal ramah dengan seluruh golongan masyarakat ini mengaku yakin bahwa konsekuensi pemimpin adalah memberikan keteladanan.
“Masih banyak kekurangan yang saya miliki, yg baik hanya milik Allah, dan yang serba kekurangan milik umar semata. Saya sudah berupaya optimal bertugas di NTB sebagai  sumbangsih agar NTB ini maju. Saya tinggalkan NTB ini penuh ketenangan,” ucapnya.
Firli Nyatakan Siap Emban Amanah 
Kapolda Baru NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa dirinya siap, jujur, ihlas dan sabar dengan amanah baru yang diberikan. “Dibawah kepemimpinan Gubernur NTB, Polda NTB siap membantu, diminta ataupun tidak dminta. Karena ini merupakan kewajiban bagi kami kepolisian Republik Indonesia,” demikian singkat Firli. (PSbo)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment