Pemkab Akan Benahi Kelembagaan Kelompok Ternak

Sumbawa, PSnews – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa – Talifuddin menyatakan, pihaknya akan melakukan pembenahan terhadap kelompok ternak yang ada di daerah. Mantan Kadis Pertanian yang baru dilantik sebagai Kepala Disnakeswan beberapa hari lalu ini mengatakan, bahwa pembenahan kelompok ternak tersebut merupakan instruksi langsung dari Bupati. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari munculnya kelompok ternak fiktif.
Talifuddin mengaku siap melakukan pembenahan terhadap kelompok ternak yang ada, terutama soal kelembagaan dari kelompok. “Itu yang kita benahi, terutama dari segi kelembagaan kelompoknya,’’ paparnya.

Ia menegaskan, tidak boleh ada kelompok yang terbentuk hanya untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah saja, namun secara kelembagaan masih lemah. Kedepan, seluruh anggota kelompok harus bekerjasama memperkuat kelompoknya.
“Kita benahi kelembagaan kelompok itu agar bisa lebih baik dari sebelumnya. Tidak sekedar hanya ingin mendapat bantuan ternak, tapi bagaimana dia bisa bekerjasama, sehingga secara totalitas kelembagaan itu menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya,’’ tukasnya.

Sebelumnya, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril meminta Kepala Disnakeswan untuk sungguh-sungguh menyeleksi keberadaan kelompok ternak. Mengingat informasi yang diterima Bupati, cukup banyak kelompok ternak fiktif yang hanya muncul ketika ingin mendapatkan bantuan dari Pemerintah. Namun setelah apa yang diinginkan didapat, kelompok itu bubar dengan sendirinya. Dalam artian realisasi ternak sudah diberikan, maka kelompok tersebut pun hilang. Menurutnya hal ini yang harus diwaspadai, sehingga masyarakat diminta untuk membentuk kelompok permanen dengan kelembagaan yang jelas. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *