Disdukcapil Upayakan Penuntasan Perekaman e-KTP

Sumbawa, PSnews – Hingga saat ini masih tercatat beberapa masyarakat Kabupaten Sumbawa yang belum melakukan perekaman electronic– Kartu Tanda Pendudk (e-KTP). Berbagai cara dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa untuk menarik minat masyarakat yang belum melakukan perekaman. Kegiatan inipun ditargetkan tuntas akhir 2016 mendatang.

Kepala Disdukcapil – Zulqifli mengungkapkan, dalam penuntasan perekaman e-KTP ini pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak Pemerintah Kecamatan. Seperti membagikan formulir pencocokan dan penelitian (coklit) ke semua kecamatan yang isinya data fotocopy kartu keluarga (KK) yang diduga di dalamnya ada anggota keluarga yang belum melakukan perekaman. Sehingga pihak kecamatan melakukan pemetaan, dan bahkan sudah ada yang mengirimkan data dari masyarakat yang akan melakukan perekaman. Dari data tersebut, Disdukcapil berencana mengundang masyarakat yang sudah terdata, untuk kemudian dilakukan perekaman. “Nanti kita undang masyarakat yang sudah terdata. Karena perekaman dilakukan di tempat yang bisa terkoneksi jaringan. Hal ini nanti kita koordinasikan dengan camat,’’ jelasnya.

Selain itu, lanjut Zulqifli, pihaknya juga sudah melakukan jemput bola dengan turun langsung ke masyarakat. Kegiatan ini juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa. Bahkan pernah melakukan perekaman, namun hanya sedikit masyarakat yang datang.
Walau begitu, pihaknya tidak putus asa. Upaya menyadarkan masyarakat untuk memiliki KTP dengan melakukan perekaman e-KTP terus dilakukan. Sehingga ditargetkan penuntasan perekaman ini hingga akhir 2016 mendatang. “Antusias masyarakat untuk datang melakukan perekaman sangat kami harapkan, karena memiliki identitas kependudukan itu penting,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *