PD Salimah, Solusi Problematika Hidup

Sumbawa, PSnews – PD Salimah adalah sebuah organisasi massa persaudaraan muslimah yang didirikan oleh sekelompok muslimah Indonesia pada tanggal 8 maret tahun 2000 di Jakarta.

Pengurus PD Salimah cabang Sumbawa
Rohani (kedua dari kiri)

Organisasi ini telah membuka cabang di 28 provinsi dan 274 kabupaten/kota, salah satunya adalah Kabupaten Sumbawa yang baru berdiri pada tahun 2007 silam. Dari namanya sendiri PD berarti pimpinan daerah, sedangkan ‘salimah’ mencerminkan bahwa orang-orang yang tegabung dalam kelompok ini adalah wanita muslimah Sumbawa.

Organisasi ini hadir, berangkat dari keprihatinan yang mendalam terhadap berbagai permasalahan yang menimpa bangsa, seperti maraknya kasus yang mengguncang institusi keluarga, buramnya potret perempuan, serta lemahnya perlindungan terhadap anak-anak Indonesia.

“Kemiskinan dan kebodohan menjadi muara bagi problematika-problematika  turunannya yang menjebak masyarakat seperti kasus perdagangan perempuan dan anak, kekerasan dalam rumah tangga, tingginya angka kematian ibu dan balita, tingginya angka penyalahgunaan narkoba serta meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS, maraknya pornografi dan meningkatnya kasus pelecehan serta jumlah anak yang menjadi korban kekerasan seksual dan lain sebagainya,” papar Rohani, S.EI, selaku ketua PD Salimah cabang Sumbawa.

baksos PD SalimahOrganisasi yang beralamat di Pamanto Daeng Sumbawa Besar ini hadir membawa harapan baru untuk menjadi salah satu komponen bangsa yang berkontribusi dalam mencari jalan keluar bagi berbagai problematika yang muncul melalui program-program yang mendorong pemberdayaan perempuan, pengokohan institusi keluarga dan perlindungan memadai bagi anak.

Beberapa diantara kegiatan nyata yang telah dilakukan PD Salimah antara lain; mengadakan lomba mewarnai bagi anak-anak serta lomba membuat mainan yang edukatif dari planel. Seminar-seminar tentang anak, perempuan dan keluarga, salah satu seminar yang pernah  dilakukan mengangkat judul ‘membumikan harapan keluarga islam idaman’.

Rohani berharap, siapapun yang ingin bergabung menjadi anggota, PD Salimah akan senantiasa menerima dan membimbing. (Amelia)

 

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *