Lembaga Penyeleksi Bacakades Sudah Ditetapkan

Sumbawa, PSnews – Setelah melakukan beberapa tahapan, akhirnya Tim Kabupaten menentukan lembaga yang bakal melakukan seleksi tambahan terhadap bakal calon kepala desa (Bacakades) di 45 Desa di Kabupaten Sumbawa yang memiliki lebih dari 5 bakal calon.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa – Varian Bintoro mengungkapkan, sudah keluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sumbawa nomor 202 tahun 2020 tanggal 3 Februari 2020, yang berisi tentang lembaga Psikologi Big Idea sebagai pelaksana seleksi tambahan bakal calon kepala desa pada Pilkades serentak mendatang. “Jadi ada tiga yang mendaftarkan diri sebagai penyelenggara. Kita sudah memanggil ketiganya untuk presentasi. Dari hasil itu kemudian Tim Panitia Kabupaten melakukan rapat, itu menunjuk Lembaga Psikologi Big Idea sebagai lembaga seleksi tambahan,’’ ungkapnya Rabu (5/2).

Nantinya, lembaga yang ditunjuk memiliki tugas merencakanan persiapan melaksanakan kegiatan seleksi tambahan, bertanggungjawab terhadap seluruh proses pelaksnaan kegiatan hingga hasil pelaksanaan seleksi tambahan, melaporkan hasil berdasarkan perankingan perdesa kepada panitia kabupaten. “Pertimbangan memilih Big Idea, karena dia lebih lengkap tim dan juga tata cara seleksinya. Dari hasil ekspose mereka akan menggunakan penilaian melalui komputer, khusus psikologi itu ada aplikasi khusus yang diterapkan. Sehingga itu yang menurut kita terbaik. Lembaga ini sudah kita cek lengkap semuanya, ada akta notaris, juga sudah terdaftar di Kesbangpol,’’ terang Varian.

Diungkapkan, selain tes psikologi bagi 332 Bacakades, juga akan dilakukan tes potensi akademik. Dimana tes ini mengenai undang-undang Pemerintahan Daerah, juga undang-undang Pemerintahan Desa, termasuk mengenai pengetahuan umum, serta muatan lokal. “Sesuai tahapan, seleksi dilaksanakan pada 14 februari. Tapi nanti tergantung kesiapan dia juga. Untuk lokasi tes masih kita bicarakan. Tapi tahun lalu di lantai III. Apakah itu nanti bisa sekaligus, belum kita finalkan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment