Pembangunan Dermaga Medang Dipastikan Tuntas Tahun ini

Sumbawa, PSnews – Pembangunan dermaga di Pulau Medang Kecamatan Labuhan Badas sudah dikerjakan sekitar dua minggu, sejak 25 September lalu. Hingga Kamis lalu, progress pembangunannya mencapai 29 persen. Sehingga dipastikan pengerjaannya tuntas dalam tahun ini juga.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumbawa – Abdul Azis mengatakan, pembangunan dermaga Pulau Medang, pemasangan tiang pancang bakal dilakukan sebanyak 84 tiang. Pemasangan tiang pancang ini diperkirakan akan tuntas pada 8 Oktober mendatang. Selanjutnya akan dilakukan pemasangan balok precast diatas tiang pancang, baru kemudian pemasangan causeway yakni perantara jembatan ke daratan. ‘’Progress fisik itu dihitung bukan karena berapa tiang pancang yang terpasang, melainkan berapa material itu yang tersedia. Seperti beton tariknya yang dipasang diatas tiang pancang itu sudah selesai, tinggal menunggu selesai pasang tiang pancang, balok itu akan dilatakan diatasnya. Pemasangan tiang pancang sampai tanggal 8 Oktober, selanjutnya langsung pasang balok Precast yang dipasang diatas tiang pancang, baru causeway yang dipasang,’’ terangnya.

Kondisi dermaga Pulau Medang sebelum dibangun yang baru

Menurutnya, pekerjaan yang diperkirakan memakan waktu cukup lama yakni pemasangan causeway. Sebab, pemasangannya membutuhkan tanah urug, batu dan material lainnya. Namun, material tersebut tidak menggunakan material yang ada di Sumbawa melainkan didatangkan dari Surabaya menggunakan kapal tongkang. ‘’Disitu ada tanah urug, batunya bukan dari sini tapi dikirim dari Surabaya, sekarang tongkangnya masih ada di Surabaya, setelah ini sudah dipasang, maka akan berangkat,’’ ujarnya.

Meski sisa waktu lumayan sempit yakni sampai tanggal 6 Desember medatang, pihaknya tetap optimis pembangunan dermaga yang bersumber dari DAK tersebut akan selesai tempat waktu. ‘’Dengan sisa waktu sampai 6 Desember saya optimis bisa terkejar, karena tenaga kerja sudah berpengalaman, kalau tidak terkejar maka pembangunan causeway akan bersamaan dengan balok pracaht,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment