Sumbawa Terapkan SPBE, Aplikasi Satera Diperkenalkan

Sumbawa, PSnews – Guna mendukung pelaksanaan e-Government di Kabupaten Sumbawa dan pelaksanaan roadmap Master Plan Smart City Sumbawa Bersahabat 2018-2028, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Sumbawa mulai memperkenalkan aplikasi Surat Elektronik Samawa (Satera). Menyusul telah diterapkannya SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) di Kabupaten Sumbawa.

M Husni Djibril

Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril, dalam sosialisasi aplikasi dimaksud pada Kamis (29/8/2019) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, mengapresiasi inisiatif Diskominfotik yang telah mereplikasi aplikasi SiMAYA (Sistem Informasi Perkantoran Maya) milik Kementerian Kemkominfo menjadi aplikasi Surat Elektronik Samawa untuk diterapkan di lingkungan Pemkab Sumbawa. Sebagai daerah yang terpilih dalam gerakan menuju 100 smart city Indonesia, telah tertuang dalam masterplan smart city sumbawa bersahabat 2018-2028 dalam pilar smart governance, bahwa dalam rangka memenuhi pelayanan publik yang cepat, tepat, dan akurat tentu memanfaatkan teknologi informasi berupa layanan online, salah satunya adalah tata naskah dinas online.

Terkait hal tersebut, aplikasi Satera yang dapat diakses melalui laman satera.sumbawakab.go.id, dihajatkan untuk meningkatkan kecepatan tata kelola surat menyurat di lingkungan pemerintah daerah, juga sebagai sarana kontrol secara berjenjang dari tingkat pimpinan sampai dengan staf terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini dalam rangka mendorong Kabupaten Sumbawa melakukan inovasi pelayanan publik yang merupakan salah satu prasyarat untuk mendapatkan dana insentif daerah.

Bupati berpendapat aplikasi Satera ini merupakan starting point dalam upaya mendigitalisasi proses perkantoran konvensional yang masih berlangsung saat ini di lingkungan Pemkab Sumbawa. Dengan aplikasi ini diharapkan perangkat daerah dapat melakukan proses administrasi terutama yang berkaitan dengan surat-menyurat dan pengarsipan secara efektif dan efisien. di samping itu, aplikasi ini juga dimaksudkan untuk mempermudah dan membantu pimpinan dalam hal surat-menyurat baik surat keluar maupun surat masuk, karena dengan menggunakan aplikasi ini, pimpinan dapat melakukan disposisi jarak jauh atau dimanapun berada serta dapat mengefektifkan dan mengefisienkan penggunaan kertas.

Disampaikan, surat-menyurat secara elektronik (online) dapat menaikkan indeks SPBE Kabupaten Sumbawa di tingkat Nasional. SPBE sendiri diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 yang menyebutkan bahwa aplikasi SPBE digunakan oleh instansi pusat dan pemerintah daerah untuk memberikan layanan SPBE. Berdasarkan nilai indeks SPBE sesuai hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2018, Kabupaten Sumbawa mendapat nilai 1,8. Hal ini menunjukkan bahwa capaian SPBE Kabupaten Sumbawa dalam klasifikasi cukup.

Rachman Ansori

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfotik Sumbawa – Rachman Ansori melaporkan, manfaat penggunaan aplikasi ini antara lain efisiensi waktu dan anggaran, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pimpinan secara berjenjang dapat mengontrol tindak lanjut naskah dinas oleh bawahan, serta bawahan dapat melaporkan hasil tindak lanjut kepada atasan melalui aplikasi ini. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment