Bersama Fasilitator, BPBD Sumbawa Validasi Penyaluran Dana Bantuan Gempa

Sumbawa, PSnews – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa melakukan pertemuan bersama seluruh fasilitator pada Kamis lalu, guna memvalidasi hasil pekerjaan yang telah dilakukan. Untuk memastikan tidak ada persoalan dalam turunnya bantuan terhadap dana gempa kepada masyarakat terdampak.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik – M Nur Hidayat menjelaskan, validasi yang dilakukan ini bersama 120 fasilitator yang terbagi menjadi belasan kelompok. “Seluruh fasilitator, 120 orang yang terbagi dengan belasan group. Saya kumpulkan, bagaimana caranya di lapangan,’’ terangnya kepada wartawan media ini.

Validasi dilakukan untuk mengetahui hasil pekerjaan. Salah satunya untuk memastikan penerima bantuan itu tepat sasaran dan penerima yang sudah mendapat bantuan tidak terdata dua kali. Termasuk juga dengan rumah yang sudah terbangunan dan belum terbangun. “Untuk memastikan data terdampak, untuk melihat seberapa besar kemajuan di lapangan, sudah berapa yang terlayani, yang sudah jadi rumahnya, yang belum jadi rumahnya, semuanya harus begini, kita paksakan,’’ jelasnya.

Setelah validasi selesai, maka selanjutnya SK 7 hingga 12 segera diturunkan. “SK 1 sampai 6 kita buktikan dulu berikan ke BNPB, kasih BPK periksa baru dilanjutkan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi persoalan di kemudian hari,’’ tegasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *