Haji Ikhsan Dilantik Jadi Penjabat Sekda Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Setelah ditinggal pensiun oleh Drs H Rasyidi beberapa hari lalu, kursi ‘Penjabat’ Sekretaris Daerah Sumbawa akhirnya dipercaya pada Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten I Setda Sumbawa. Haji Ikhsan dilantik sebagai Penjabat Sekda pada Selasa pagi (11/6/2019) oleh Bupati Sumbawa HM Husni Djibril di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Sumbawa, Wakil Ketua DPRD Kab. Sumbawa, anggota Forkopimda, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, para Camat.
Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan jabatan Sekretaris Daerah sesungguhnya mempunyai peran yang sangat penting, karena berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya. Dengan fungsi yang demikian, maka Sekda sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan daerah.

Terkait hal tersebut, Bupati minta kepada Penjabat Sekda dapat menghayati peran dan fungsinya, dalam hal ini, selain harus mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif, juga harus terus meningkatkan kemampuan dalam berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif, kepada seluruh institusi, baik internal maupun eksternal, sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat memberikan kontribusi yang besar untuk mendinamisasikan organisasi Pemkab. Sumbawa.

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menekankan dua hal penting dalam mendukung upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Yang pertama untuk terus meningkatkan disiplin PNS, dengan melakukan upaya untuk menyeimbangkan antara reward and punishment dan dengan mendayagunakan semua potensi PNS dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat, akurat namun taat azas, dan yang kedua, dengan membangun hubungan kerja yang baik dengan mitra kerja seperti DPRD dan Forkopimda dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dan kelancaran dalam menghadapi hambatan tugas pembangunan dan pemerintahan.

Pada akhir sambutannya, Bupati mengingatkan penjabat Sekretaris Daerah, bahwa karier sebagai PNS hingga ke posisi sekarang, merupakan buah kerja keras dan tidak semua aparatur mampu dan berkesempatan meraihnya. “Untuk itu jaga dan pelihara kehormatan yang telah saudara peroleh, agar kelak dapat menjadi contoh dan tauladan bagi PNS lainnya. Hendaknya momentum pelantikan ini menjadi langkah awal untuk memulai pelaksanaan tugas dan memberikan segalanya yang terbaik kepada pemerintah daerah, guna mendukung aktivitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya, baik yang bersifat pelayanan dan pengaturan maupun pemberdayaan dan pembaharuan. Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa, saya sampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada Drs. H. Rasyidi atas dukungan dan pengabdian yang telah diberikan bagi daerah ini, dan saya berharap semangat kebersamaan dan jalinan silaturrahmi tetap terus terjaga walaupun telah memasuki masa purna tugas,” ujar Bupati. (PSa)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *