Puskesmas Sebotok Beroperasi Usai Lebaran

Sumbawa, PSnews – Puskesmas Sebotok yang rampung dibangun tahun lalu, belum juga beroperasi. Kondisi ini menimbulkan cibiran dari masyarakat setempat, dimana dinding=dindingnya sudah dicoreng oleh grafiti. Bahkan di beranda depan bangunan Puskesmas digunakan untuk memipil jagung.

Tembok mulai dipenuhi tulisan grafiti

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa melalui Sekdis – A. Malik mengatakan, Puskesmas Sebotok belum beroperasi lantaran masih dalam proses penerbitan izin. Dan izin operasional tersebut baru terbit pada 7 Mei yang lalu. Sehingga dapat dipastikan akan beroperasi dalam waktu dekat. “Dikes sekarang sedang memfokuskan untuk kita oprasionalkan, karena izin operasinya sudah keluar pada tanggal 07 Mei kemarin. Izin Operasionalnya nomor 343 tahun 2019,’’ ungkap Malik.

Setelah izin operasionalnya keluar, selanjutnya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum puskesmas ini beroprasi, yakni akan dilakukan pengkajian kondisi terkini baik lokasi maupun bangunan puskesmas.

Kemudian lanjutnya, tahapan berikutnya Dikes sedang menganalisis tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di puskesmas tersebut, seperti dokter, bidan, perawat, serta petugas kesehatan lainnya. ‘’Analisis tenaganya sudah. Petugas dari Dikes akan didrop kesana, ada juga petugas sukarela yang ada di sekitar pulau moyo itu akan ditarik ke Puskesmas,’’ ujarnya.

Kemudian untuk alat tambahnya, akan didrop setelah hasil rapat. Begitu hasil rapat mengatakan bahwa tidak ada lagi permasalahan, maka semua alatnya akan langsung didrop. ‘’Prediksi selesai Lebaran beroprasinya, sebelum beroprasinya saya akan drop tenaga untuk membersihkan puskesmas dan melakukan seting alat. kita usahakan juni, karena kita ditutntut beroprasi karena izin sudah keluar,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *