Stamina PPS dan PPK di Sumbawa Mulai Drop

Sumbawa, PSnews – Sejak Sabtu lalu hingga saat ini, KPU Sumbawa masih melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. Akibat tidak ada hentinya dalam bertugas demi terselenggaranya Pemilu yang berintegritas, beberapa penyelenggara Pemilu tingkat bawah dalam hal ini Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diketahui banyak yang kodisi kesehatannya mulai drop.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa – Muhammad Wildan yang ditemui wartawan Senin (22/4/2019) membenarkan hal tersebut. Sampai saat ini ada beberapa kecamatan yang telah merampungkan rekapitulasi, seperti di Kecamatan Ropang, Lantung, Lenangguar dan Moyo Utara. Sementara kecamatan lainnya masih sedang berlangung.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, petugas lapangan nampaknya membutuhkan tenaga dan stamina yang ekstra. Karena sejak pelaksanaan pencoblosan 17 April lalu hingga saat ini, PPS dan PPK masih menjalankan tugasnya. Bahkan laporan yang diterima, ada beberaa PPS, PPK serta tenaga sekretariat yang kondisi kesehatannya saat ini mulai drop. Bahkan ada yang sampai dirawat di Puskesmas. “Ada petugas yang dirawat di Puskesmas yaitu di PPS di Kecamatan Maronge. Kalau yang drop sampai lemas itu banyak,’’ tuturnya.

Terhadap masalah ini, KPU Sumbawa telah berkoordinasi dengan Pimpinan Daerah melalui Dinas Kesehatan Sumbawa, yang telah menerjunkan tenaga medis ke lapangan untuk melakukan perawatan terhadap petugas Pemilu tingkat bawah yang kondisi kesehatannya menurun. “Dari Dinas, puskesmas dan lainnya menerjunkan pasukannya untuk menindaklanjuti ini. Menjaga kesehatan teman-teman, melihat keadaan sesungguhnya di lapangan. Apabila mereka (PPS dan PPK) membutuhkan vitamin dan lainnya, maka akan diberikan,’’ tukasnya.

Meski demikian, menurut Wildan pelaksanaan rekapitulasi di beberapa Kecamatan masih berjalan lacar, sesuai apa yang diharapkan. “Ini berkat korodinasi yang baik dari kami KPU, Bawaslu dan Pemda. Pemda dalam hal ini mensupport dengan baik. Sedangkan dari segi keamanan kami tetap dibantu dari Kepolisian dan TNI,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *