10 Pimpinan OPD Pemkab Sumbawa Dilantik

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril melantik 89 ASN lingkup Pemkab Sumbawa pada Senin (15/4/2019) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 kantor Bupati Sumbawa. Dari jumlah tersebut, 10 diantaranya pejabat yang mengikuti seleksi dan terpilih untuk mengisi posisi pimpinan OPD yang sebelumnya lowong. Mereka dilantik sesuai SK Bupati Sumbawa Nomor 696 Tahun 2019.

Adapun 10 pejabat dimaksud yakni I Ketut Sumadiartha SH yang sebelumnya Kabag Hukum Setda Sumbawa kini sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Hukum dan Politik. Abdul Haris SSos dulunya Kabag Pembangunan sekarang Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Rachman Ansori SSos MSE sebelumnya Sekretaris Dinas Kominfotik, sekarang menjadi Kepala di OPD setempat. Drs Abdul Asis MSi dulunya Sekretaris Inspektorat, kini Kepala Dinas Perhubungan. Varian Bintoro SSos MSi sebelumnya Kabag Pemerintahan, kini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Selanjutnya, Drs Burhanuddin MT MTP yang sebelumnya Sekretaris Bappeda, kini Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. H Rosihan ST MT dulunya Sekretaris Dinas PRKP, sekarang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Drs Irawan Subekti sebelumnya Kabag Ekonomi, kini Kepala Badan Kesbangpoldagri. Tata Kostara SSos dulunya Sekretaris Dinas PMD, sekarang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran. Serta Syahruddin SH sebelumnya Sekretaris Badan Kepegawaian Pedidikan dan Pelatihan, kini sebagai Kepala di OPD tersebut.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya menjelaskan, sebelumnya telah diumumkan secara tebuka hasil akhir seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkab Sumbawa tahun 2019. Berdasarkan hasil seleksi tesebut terpilih 30 nama ASN yang dinilai layak dan cakap untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama pada 10 OPD, termasuk salah satunya Dinas Pemadam Kebakaran sebagai OPD baru. Dari 30 nama tersebut, kemudian dilantik 10 nama yang telah ditetapkan untuk memimpin 10 OPD di lingkup Pemda Sumbawa. ‘’Penting saya tegaskan bahwa seluruh pejabat yang dilantik pada hari ini adalah ASN terpilih, ASN yang saya nilai dari berbagai aspek, terutama aspek kompetensi yang dibutuhkan untuk mengemban tugas dan tanggungjawab dalam jabatan yang diamanatkan. ASN yang dilantik hari ini saya pandang cakap dan mampu mempercepat terwujudnya tujuan organisasi serta visi misi Kabupaten Sumbawa tahun 2016-2021. ASN yang dilantik pada hari ini semata-mata dilihat dari faktor kompetensi dan profesionalisme, bukan karena faktor lain,’’ tegas Bupati.

Bahkan pada tiap mutasi Bupati selalu menegaskan, bahwa mutasi bagi ASN adalah bagian dari upaya mewujudkan reformasi birokrasi. Sebagai upaya penyegaran atau penyesuaian kebutuhan personel dalam sebuah organsisai birokrasi. Artinya akan terbuka peluang bagi ASN untuk dipromosikan ke jenjang eselon yang lebih tinggi. ‘’Saya sangat mendukung mekanisme ini sebagai suatu proses kepemimpinan yang prosedural, dan tentunya akan memberikan suntikan spirit untuk melahirkan performa birokrasi yang belih bermutu. Mutasi kali ini merupakan salah satu wujud kami untuk meningkatkan akselerasi birokrasi dalam pencapaian target pembangunan yang telah ditetapkan. Mutasi ini akan terus kami lakukan selama kebutuhan menghendakinya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *