Pemkab Sumbawa Akan Revitalisasi Sejumlah Pasar

Sumbawa, PSnews – Momentum peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-60 Tahun 2019, menjadi daya dorong Pemda Sumbawa untuk lebih bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Terutama terhadap beberapa sektor penting seperti bidang perekonomian, pertanian, pendidikan, serta lainnya. “Dengan semangat gotong royong kita wujudkan Sumbawa hebat bermartabat.Maka kerja sama yang sinergis, koordinatif dan mutualistik antar seluruh komponen menjadi syarat mutlak terwujudnya Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat,’’ kata Bupati Sumbawa HM Husni Djibril saat upacara perayaan HUT Kabupaten Sumbawa di halaman kantor Bupati Selasa (22/1/2019).

Diungkapkan, dalam bidang ekonomi Pemda terus melanjutkan program revitalisasi pasar untuk menghadirkan pasar rakyat yang lebih representatif sebagai sentra pengembangan ekonomi kerakyatan. Seperti Pasar Brang Bara, Pasar Langam, Pasar Labuhan Sumbawa dan Pasar Utan yang pada tahun 2017 lalu dirampungkan pembangunannya. Kemudian pada tahun 2019 ini, juga akan merealisasikan revitalisasi Pasar Seketeng secara keseluruhan dengan total anggaran mencapai Rp 58 Milyar. ‘’DED Pasar Seketeng ini telah dirampungkan sejak tahun 2017 lalu, dan saat ini proses pembebasan lahan masih berlangsung,’’ terangnya.

Selain itu, untuk mendukung upaya pengembangan ekonomi kerakyatan, juga telah mendirikan 101 BUMDes yang diharapkan dapat merangsang geliat perekonomian masyarakat desa. Melalui BUMDes pula Pemda menyalurkan Kredit Sahabat (Krabat) tanpa bunga kepada para petani miskin sebagai upaya untuk melindungi petani yang mengalami kesulitan  permodalan dari jeratan rentenir.

Di bidang pertanian, kemajuan juga begitu terasa. Produksi padi terus meningkat dari tahun ke tahun, sehingga Kaupaten Sumbawa tetap dapat menopang ketahanan pangan secara nasional. Selain padi, tanaman jagung juga menjadi komoditas unggulan yang terus dikembangkan, bahkan saat ini Sumbawa menargetkan produksi jagung sebesar satu juta ton per tahun untuk mendukung swasembada jagung nasional. Juga telah mencanangkan gerakan masyarakat agribisnis jagung integrasi sapi (Gema Jipi) sebagai salah satu program untuk mengintensifkan produksi jagung dan juga ternak sapi. Dalam hal pengelolaan keuangan desa, dengan support Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan juga BHPRD, desa-desa di Kabupaten Sumbawa sudah mampu menunjukkan daya saing dan kemandiriannya.

Terhadap realisasi penerimaan PBB-P2 Pemda bahkan memberikan hadiah umroh bagi para Camat, Kepala Desa dan bendahara kecamatan penerima PBB-P2, yang berkinerja baik serta mampu memenuhi atau bahkan melampaui target penerimaan di wilayahnya masing-masing.

Sementara di Bidang Pendidikan Pemda juga terus berikhtiar maksimal mewujudkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan, meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, termasuk meningkatkan mutu pembelajaran, kualifikasi dan kompetensi para guru. Berbagai program kemitraan dengan lembaga-lembaga yang concern di bidang pendidikan terus dijalin. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *