HUT Sumbawa ke-60, Bupati Beberkan Sejumlah Keberhasilan

Sumbawa, PSnews – Berbagai keberhasilan telah diraih Kabupaten Sumbawa dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu pun menjadi salah satu kado dalam peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke 60 tahun 2019, yang ditandai dengan pelaksanaan upacara di halaman kantor Bupati Sumbawa pada Selasa (22/1/2019).

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa HM Husni Djibril menyatakan, sejalan dengan tema peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-60, yaitu : “Dengan semangat gotong royong kita wujudkan Sumbawa hebat bermartabat”,maka kerja sama yang sinergis, koordinatif dan mutualistik antar seluruh komponen menjadi syarat mutlak terwujudnya Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat.

Disampaikan pula berbagai capaian yang yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang selama ini telah bekerja keras dan membangun sinergi yang kuat, sehingga berhasil meraih berbagai capaian positif, antara lain dalam hal pengelolaan keuangan daerah, Pemkab Sumbawa mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI enam kali berturut-turut, dalam hal kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, berdasarkan laporan hasil evaluasi Inspektorat Provinsi NTB terhadap LPPD Kabupaten Sumbawa Tahun 2017 TA 2018, Kabupaten Sumbawa menduduki peringkat terbaik dari 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB. Begitu juga dari aspek akuntabilitas kinerja pemerintah, berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, akuntabilitas kinerja Pemkab Sumbawa berhasil memperoleh upgrading nilai, dari predikat CC pada tahun 2016 dan 2017, menjadi predikat B pada tahun 2018.

Dalam bidang transportasi, berkat kerjasama yang sinergis dengan pemerintah Pusat, terminal baru Bandara Sultan Kaharuddin III telah dioperasikan. Pemda juga tengah mempersiapkan lahan untuk penambahan panjang run way agar bisa didarati oleh pesawat yang lebih besar. Selain itu, Pemda juga terus berikhtiar mewujudkan pembangunan Pelabuhan Teluk Santong yang didamba-dambakan terutama oleh masyarakat di wilayah timur Kabupaten Sumbawa. Pelabuhan ini direncanakan memiliki kapasitas lebih besar dari Pelabuhan Badas, yang saat ini merupakan satu-satunya pelabuhan bongkar muat di Kabupaten Sumbawa.

Begitu juga dengan infrastruktur jalan, rasio jalan mantap terus meningkat setiap tahunnya sampai dengan tahun 2018, kondisi jalan mantap di Kabupaten Sumbawa mencapai 632,07 km (66,43%) dari total 951,51 km panjang jalan kabupaten. Jumlah ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni sebesar 54,33 km dibandingkan tahun 2015 yang hanya sepanjang 577,74 km. namun demikian, harus kami akui bahwa kemantapan jalan yang telah dicapai tersebut belum mampu memenuhi target RPJMD sebesar 82,58%, sehingga masih terjadi deviasi sebesar 16,15%. kondisi ini terkendala antara lain karena keterbatasan anggaran, sebab untuk meningkatkan 1% kemantapan jalan, dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit, mencapai Rp 28,50 miliar. Namun hal ini tidak sedikitpun menyurutkan tekad untuk terus berikhtiar mewujudkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang representatif bagi masyarakat, termasuk jalan dan jembatan di wilayah-wilayah terpencil, seperti ruas jalan batu putih – SP 3, ruas jalan pelita – Batu Rotok, ruas jalan Brang Rea – Sempe, jembatan Sebeok Kecamatan Orong Telu, jembatan Berora Kecamatan Lopok.

Selain infrastruktur jalan dan jembatan, saat ini Pemda juga telah memulai pembangunan Bendungan Beringin Sila, bendungan terbesar di Kabupaten Sumbawa yang sudah lama diidam-idamkan oleh warga Kecamatan Utan dan masyarakat Sumbawa pada umumnya. Selanjutnya dalam bidang kesehatan, Pemda terus melanjutkan program revitalisasi puskesmas sehingga semakin banyak puskesmas yang terakreditasi. relokasi Rumah Sakit Umum Daerah di Wilayah Sering Kecamatan Unter Iwes, yang sudah sejak lama diinisiasi, juga akan segera terealisasi.

Sementara Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia – Lukman Hakim dalam sambutannya mengharapkan agar pembangunan Bendungan Beringin Sila dapat diselesaikan tepat waktu, sehingga keberadaannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment