BPKD KSB Belajar Penerapan SIMDA Online di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melakukan kunjungann kerja ke ‘saudara tuanya’ Kabupaten Sumbawa pada Senin (14/1/2019). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan studi sinergi penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan Online yang sudah dijalankan Pemda Sumbawa.

Kedatangan rombongan diterima di aula Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumbawa. Dalam kesempatan itu, Kepala BPKAD – Baharuddin mengungkapkan Kabupaten Sumbawa telah menerapkan SIMDA Online sejak empat tahun lalu hingga saat ini. Dan terus melakukan pengembangan-pengembangan sehingga akan lebih mempermudah kinerja para pengelola keuangan di tingkat perangkat daerah khususnya bendaraha, subbag perencanaan maupun pejabat pengelola keuangan.

Didampingi jajarannya serta unsur Diskominfotik Sumbawa, Baharuddin menyampaikan lebih lanjut bahwa Pemkab Sumbawa sedang berupaya mengintegrasikan Sistem Perencanaan Daerah (SIMRENDA) kedalam SIMDA, sehingga akan lebih mengefesienkan sirkulasi kerja perencanaan kedalam aplikasi penganggaran maupun penatausahaan keuangan daerah.

Sementara Kepala BPKD KSB – Nurdin Rahman mengatakan, saat ini Pemda KSB masih menerapkan SIMDA Keuangan offline, sehingga untuk mengakselesrasi pelayanan pengelolaan keuangan daerah serta meminimalisir kekeliruan adminsitrasi keuangan, maka akan diterapkan secara online. ‘’Untuk itu kami datang berkunjung untuk mendalami penerapan SIMDA Keuangan secara online. Terimakasih kami sampaikan kepada segenap jajaran BPKAD Kabupaten Sumbawa yang telah bersedia menerima kunjungan ini,’’ ujar Nurdin sambil memperkenalkan anggota Tim yang ikut serta pada kegiatan dimaksud.

Selanjutnya kegiatan diskusi maupun praktek penerapan SIMDA Keuangan Online dipandu oleh Kepala Bidang Anggaran BPKAD Kabupaten Sumbawa Riki Trisnadi, dengan narasumber antara lain Kepala Bidang Perbendahaan, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah, Kasubbid Penyusunan Anggaran, Kasubbid Penatausahaan Anggaranpada BPKAD Kabupaten Sumbawa, Sekdis dan Kasi Infrastruktur IT pada Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment