Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa Gotong Royong Bersihkan Sungai

Sumbawa, PSnews – Gubernur NTB – H Zulkieflimansyah bersama Bupati Kabupaten Sumbawa – HM Husni Djibril juga pihak terkait lainnya melakukan aksi gotong royong serentak selama 60 menit di sepanjang daerah aliran sungai dari Kelurahan Samapuin hingga Brang Biji pada Minggu (13/1/2019).

Aksi gotong royong yang diinisiasi oleh orang nomor satu di Kabupaten Sumbawa ini, juga merupakan upaya mendukung sekaligus mengkampanyekan Zero Waste di Bumi NTB. Agar di daerah tak ada lagi ditemukan sampah berserakan terutama di wilayah sungai.

Dalam sambutannya, Doktor Zul – panggilan akrab Gubernur NTB memberikan apresiasi kepada Bupati Sumbawa yang sejalan dan bersama-sama Pemerintah Provinsi mengkampayekan Zero Waste. “Saya sangat bersemangat di sini bersama Pak Bupati. Mudah-mudahan di sisa jabatan pak Bupati mampu mengatasi ini, karena sungai bukanlah tempat sampah dan sungai tidaklah seharusnya menjadi bencana, namun menjadi berkah,’’ paparnya.

Gubernur dan Bupati Sumbawa menyusuri sungai Brang Biji

Diungkapkan, Pemprov NTB saat ini sedang mengkampanyekan Zero Waste, pengurangan sampah. Diharapkan keberadaan sungai di Kabuapten Sumbawa bisa jadi tempat wisata yang indah kedepannya. Terutama ketika kebersihannya tetap terjaga. “Jika taman indah, jalan indah, maka semua orang akan senang berdatangan, mungkin melakukan selfie atau bertamasya di sini (Kabupaten Sumbawa),’’ ujar pejabat yang pernah menuntut ilmu di Australia dan Inggris ini.

Gubernur juga mengajak Bupati Sumbawa untuk menata kembali wilayah hijau dan pepohonan di beberapa titik. “Sebaiknya pohon kecil-kecil diganti semua, kita bisa bekerjasama bergotong royong dengan berbagai pihak. Kita bisa minta tiap 100 meter dikerjakan oleh stakeholder mitra pemerintah sebagaimana pihak perbankan yang saling bergilir, sehingga bisa selesai semua,’’ cetus Gubernur.

Di tempat yang sama, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengungkapkan maksud dan tujuan yang sama untuk terus mengkampayekan Zero Waste. Diakui di beberapa titik ruas jalan masih ditemukan sampah. Untuk itu, Bupati mengajak masyarakat Sumbawa bersama-sama menjaga kebersihan atau keasrian lingkungan. “Di jalan-jalan masih kita temui sampah, sebagai masyarakat mari kita bangun kesadaran. Insya Allah Sumbawa akan menjadi kota yang bersih, dengan langkah pertama yang kita lakukan bersama hari ini dan berkesinambungan kedepannya. Jangan sampai ada sampah lagi di bantaran sungai. Akan ada penataan ulang dari hulu sampai ke pantai. Ini rencananya, jadi mari wujudkan kebersamaan kita,’’ tukasnya.

Gubernur NTB (topi merah) dan Bupati Sumbawa (pegang microphone)

Dalam kegiatan gotong royong tersebut, turut dihadiri Pimpinan DPRD Sumbawa dan beberapa pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan juga Pemprov NTB, termasuk masyarakat di beberapa Kelurahan, seperti Brang Biji, Lempeh, Samapuin, Brang Bara, Bugis, terutama yang berada dibantaran sungai. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *