TNI, KPU dan Bawaslu Sumbawa Cek Logistik Pemilu 2019

Sumbawa, PSnews – Jajaran Kodim 1607/Submawa besama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa melakukan pengecekan di gudang penyimpanan logistik KPU di depan kantor KPP Pratama pada Senin (7/1/2019). Sejauh ini diketahui kesiapan logistik aman, tinggal menunggu surat suara yang rencananya dicetak pada pertengahan Januari ini.

Disela kegiatannya, Dandim 1607/Sumbawa – Letkol Inf Samsul Huda mengatakan, silaturahmi dan kunjungan ini merupakan upaya melakukan pengecekan sejauh mana kesiapan dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019. Ini sebagai bentuk peran serta TNI dalam hal ini Kodim 1607/Sumbawa untuk lebih meyakini bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 dapat dilaksanakan dengan jurdil dan luber. ‘’Ini juga untuk memberikan keyakinan bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya, bahwa Pemilu 2019 akan dilaksanakan dengan aman dan lancar. Sehingga mendapatkan sebuah pemerintahan yang legitimit dan pemerintahan yang betul-betul bisa mengawal pembangunan di Indonesia,’’ terangnya kepada wartawan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat Sumbawa agar pada Pemilu nanti dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan memilihlah dengan cerdas. Karena apa yang menjadi pilihan nanti akan menentukan nasib, dan arah pembangunan Indonesia dalam lima tahun kedepan. ‘’Jangan sampai kemudian lima tahun kedepan kita (Masyarakat) memaki, atau menghujat Pemerintah yang berlangsung, sementara pada pemilihan kita tidak memilih dengan cerdas,’’ tukasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Sumbawa – Syamsi Hidayat menyatakan, pihaknya juga turut bertanggungjawab dalam pengawasan agar pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan dengan sukses, seperti yang diharapkan. Bawaslu bersama TNI siap membackup terkait keamanan dalam Pemilu mendatang. ‘’Tugas kami memang setiap langkah dan tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara teknis dalam hal ini KPU, kami selalu ada pada posisi pengawasannya, dan kami selalu mengawasi dalam hal apa yang dilakukan (KPU). Jadi selama ini sudah berjalan dengan baik, sesuai apa yang kami telah lakukan pengawasan. Kami tetap mengacu pada aturan yang berlaku,’’ tuturnya.

Sementara Ketua KPU Sumbawa – Syukri Rahmat menyampaikan terima kasih atas silaturahim dan kunjungan yang dilakukan Kodim 1607/Sumbawa dan Bawaslu Sumbawa. Pihaknya mengaku siap untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019. Kepada Bawaslu, pihaknya berharap agar proses pengawasannya lebih di maksimalkan. Sehingga hajat untuk melahirkan dan mewujudkan Pemilu luber, jurdil dan berintegritas dapat dicapai. ‘’Kesempatan ini kita semua sedang berada di gudang penyimpanan kotak suara. Sehingga kami pertegas kembali bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tidak ada yang perlu di galaukan untuk Pemilu di Sumbawa ini. PPK sudah siap dan sudah dilantik, kemudian PPS, dan nanti pada Maret teman-teman KPPS yang jumlah TPSnya 1.423 akan segera kami bentuk. Kemudian untuk menunjang tugas-tugas teknis, meningkatkan pemahaman teknis tentu semua mereka akan kita bimtek,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *