Kondisi Jembatan di Kecamatan Orong Telu Memprihatinkan

Sumbawa, PSnews – Sejumlah jembatan yang terdapat di wilayah Kecamatan Orong Telu kondisinya memperihatinkan. Ada yang sudah jebol lantaran diterjang bencana banjir, ada pula yang terancam roboh, sehingga butuh perhatian serius dari Pemda Sumbawa.

Camat Orong Telu – Darwin, yang dihubungi via telepon Rabu (2/1/2019). mengungkapkan, jembatan limpas Tempuak Renok di Desa Senawang kondisinya sudah jebol akibat diterjang banjir pada 18 Desember 2018. Itu merupakan jembatan penghubung satu-satunya menuju ke arah Orong Telu. “Jadi sudah kita gotong royong di sini supaya bisa lewat sepeda motor dan sekarang sudah bisa. Cuma takutnya jika air terus besar, apalagi sekarang musim hujan,’’ tukasnya.

Sebelum jebol, tambah Darwin, mengaku pihaknya sudah pernah melaporkan kondisi jembatan ini ke Bupati pada 19 Desember 2017 lalu, dan tembusannya ke Dinas PUPR serta BPBD. Namun belum ada penanganan. “Saya buat laporannya pada 21 Desember 2018 ke Bupati dan tembusannya ke PUPR, BPBD dan Bappeda. Langsung disertai lampiran foto jembatannya. Kondisinya jebol karena diterjang banjir. Itu jembatan penghubung satu-satunya ke Orong Telu, tidak ada jalan lain lagi,’’ tandasnya.

Camat Orong Tellu – Darwin di lokasi jembatan Tempuak Renok yang jebol akibat diterjang banjir

Selain itu ada pula jembatan limpas Berang Punik, di bagian tengah jembatan agak menurun. Itu juga akibat dihantam banjir beberapa waktu lalu. Untuk jembatan ini belum dilaporkan kondisinya ke Pemda Sumbawa, namun akan dilakukan dalam waktu dekat. “Posisi tengahnya sudah turun, mungkin pilar tengahnya. Itu karena banjir, kemudian bawahnya, ada batu yang menahan jadi tidak jatuh, tapi patah. Kejadiannya hari Minggu kemarin,’’ tuturnya.

Sementara untuk jembatan Sebeok sudah dikerjakan, namun hingga kini belum juga tuntas. “Inspektorat lama, padahal sudah finalti,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *