Inspektorat Terima Aduan Warga Senawang Soal Proyek Air Bersih

Sumbawa, PSnews – Sejumlah warga Desa Senawang Kecamatan Orong Telu mendatangi Kantor Inspektorat Kabupaten Sumbawa beberapa waktu lalu. Kedatangan mereka guna memberikan surat pengaduan atas belum dapat dimanfaatkannya proyek air bersih di desa setempat, tepatnya di Dusun Harapan Jaya.

Kepala Inspektorat Sumbawa – H Hasan Basri yang dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya laporan tersebut. Surat aduan yang diterima tesebut berisikan terkait proyek air bersih tahun 2016 yang dianggap masih belum bagus. ‘’Tuntutan warga bagaimana proyek air bersih segera dapat dimanfaatkan,’’ tutur Haji Bas – akrabnya.

Diungkapkan, proyek tersebut memakan anggaran sekitar Rp. 149 juta pada tahun 2016, kemudian berlanjut pada tahun 2017 dengan anggaran Rp. 22 juta. ‘’Katanya anggarannya cukup besar, kenapa sampai hari ini belum  bisa dipakai. Kita belum tahu terkait apa kendala sehingga belum bisa dimanfaatkan. Harus kita lihat RAB nya. Kalau memang belum mencukupi masih ada item yang harus dikerjakan, kan bisa disarankan untuk dilanjutkan biar bisa bermanfaat. Jangan sampai uang yang terpakai sebelumnya terbuang sia-sia. Tapi kalau di RAB, gambarnya menyebutkan harus dibuat gini, tapi dia tidak buat itu, harus dibuat,’’ tukasnya.

Atas pengaduan warga Desa Senawang ini pun, Inspektorat segera menindaklanjuti. Rencananya Januari 2019 persoalan ini akan diprioritaskan dengan melakukan pemeriksaan khusus (Riksus). ‘’Menindaklanjuti laporan ini, kami di awal tahun turun. Nanti kita prioritaskan Desa Senawang ini untuk kita lakukan pemeriksaan. Langsung kita periksa di awal tahun itu. Kita akan melakukan riksus lah nanti,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *