DPP MUI Kabupaten Sumbawa Dikukuhkan

Sumbawa, PSnews – Dewan Pimpinan Pengurus (DPP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa Masa Khidmat 2018 – 2023 resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Provinsi NTB, pada Rabu (26/12/2018) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Susunan Dewan Pimpinan Pengurus MUI Kabupaten Sumbawa Masa Khidmat 2018 – 2023, terdiri dari Dewan Pertimbangan yang diketuai oleh Dea Guru Haji (DGH) Agus Muhammad Jihad. Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian dijabat Syukri Rahmat.

Syukri Rahmat (kiri)

Adapun Komisi Fatwa diketuai DGH. Munajat. Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat diketuai DGH. Nasrullah. Komisi Ukhuwah Islamiyah diketuai H. Ibrahim Patawari. Komisi Kerukunan Beragama diketuai DGH. Ahmad Taufik. Komisi Pemberdayaan Ekonomi Ummat diketuai DGH. M. Jurnawi Fakhruddin. Komisi Informasi dan Komunikasi diketuai Rachman Ansori. Komisi Hukum dan Perundang-undangan diketuai Lahmuddin Zuhri. Komisi Pendidikan dan Kaderisasi diketuai DGH. M. Fikri. Komisi Pengkajian diketuai DGH. Syamsul Munir. Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga diketuai Hj. Amnal Jamilah. Komisi Seni Budaya Islam diketuai DGH. A. Wahab Zakaria Pd. Komisi Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga diketuai H. Hasan Basri.   

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Provinsi NTB – TGH Saiful Muslim menyampaikan rasa bangga dan terharu menyaksikan kehadiran para Ulama, Tuan Guru, Dea Guru, dan seluruh Pengurus MUI Kabupaten Sumbawa yang telah dikukuhkan.

Disampaikan bahwa ketika semua elemen berada di MUI, maka pikiran akan terfokus hanya pada satu tujuan, yaitu bagaimana meningkatkan harkat dan martabat ummat. ‘’Ummat tidak boleh berada di bawah, secara ekonomi mereka harus bagus, secara agama mereka juga kuat dan secara toleransi pun demikian,’’ terangnya.

Sementara, Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada segenap pengurus MUI Kabupaten Sumbawa yang baru saja dikukuhkan. Diharapkan agar pengurus MUI selalu istiqomah, ikhlas, serta mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan ummat, sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi Umat Islam di Tana’ Samawa dan masyarakat pada umumnya.

Wabup juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pengurus lama atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mengabdikan diri untuk kepentingan ummat melalui MUI Kabupaten Sumbawa. Disampaikan pula bahwa kiprah MUI kabupaten sumbawa telah mampu membangun dan mengembangkan suasana intelektual kaum muslimin di Kabupaten Sumbawa. Wabup memandang momentum pengukuhan tersebut memiliki makna yang strategis sebagai wujud penyehatan dan pengembangan organisasi ke depan. ‘’Kami harap MUI dapat terus memberikan masukan dan solusi terhadap permasalahan pembangunan di Kabupaten Sumbawa dalam posisinya sebagai mitra pemerintah daerah. Saya merasa bahwa kiprah strategis MUI dalam menjaga akhlaq bangsa masih dapat dioptimalkan di masa mendatang. Karena itu, saya mengajak seluruh pengurus MUI Kabupaten Sumbawa untuk semakin cermat dalam menyikapi berbagai perkembangan dan tuntutan peradaban yang terus berjalan secara dinamis,’’ demikian Wabup. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *