Stok Beras Sumbawa dan KSB, Cukup Hingga 4 Tahun

Sumbawa, PSnews – Perum Bulog Sub Divre Wilayah Sumbawa memastikan ketersedian beras bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjelang Hari Natal dan Tahun Baru. Bahkan Bulog memastikan persediaan yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan dua Kabupaten ini hingga 4 tahun ke depan.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Sumbawa Lalu Tawang mengatakan, saat ini stok beras yang ada pada empat gudang bulog mencapai 19 ribu ton. ”Saat ini stok kita yang tersimpan sudah cukup. Bahkan bisa untuk memenuhi kebutuhan konsumsi  masyarakat Sumbawa dan KSB 53 bulan ke depan. Sedangkan kebutuhan kita perbulan sekitar 350 ton beras. Jadi bisa dikatakan stok kita berlebih,” terangnya.

Dengan ketersediaan stok beras yang melimpah, pihaknya berencana untuk mengirimkan ke sjumlah daerah, seperti Divre NTB, Bali, NTT, dan Bima. ”kita beharap bisa kirim ke daerah membutuhkan,  Tapi sampai  sekarang belum ada perintah dari pusat,” paparnya.

Sementara, terkait target serapan gabah pada tahun 2018 ini, bisa dikatakan tidak akan memenuhi target. Sebab   target penyerapan gabah  pada tahun 2018 adalah 40. 500 ton, sementara hingga Desember 2018 seapan baru  mencapai 31. 196 ton. ”Sudah akhir tahun, tapi belum tercapai. Jadi saya rasa tidak bisa mencapai target sampai akhir tahun. Di samping itu panen sudah tidak ada. dan ada panen itu pu kecil, bahkan diserbu oleh pembeli,” tukasnya. 

Tidak tercapainya target serapan tahun ini menurutnya disebabkan oleh sejumlah faktor. Misalnya karena harga yang sudah tinggi, di luar harga harga pembelian pemerintah. ”Harga pembelian pemerintah cuma Rp. 8.030 /kg sedangkan harga gabah kering giling Rp. 5.115/kg. sedangkan di luar harga gabah sudah di atas harga pemerintah. Jadi saya rasa tidak bisa mencapai target sampai akhir tahun. Itu yang membuat harga tinggi terutama bahan bakunya. Tapi kalau beras harganya sekitar Rp. 9 ribu untuk medium sedangkan pembelian kita Rp. 8.030/kg tidak cocok masuk ke kita menurut mereka,” pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *