Puluhan Desa di Sumbawa Belum Bayar Pajak

Sumbawa, PSnews – Sejauh ini, ternyata masih ada Desa di Kabupaten Sumbawa yang belum membayar pajak sepeserpun hingga menjelang akhir tahun 2018 ini. Sehingga Inspektorat menegaskan kepada desa dimaksud untuk segera membayar sebelum masuk tahun 2019.

Demikian disampaikan Kepala Inspektorat Sumbawa – H Hasan Basri kepada wartawan Senin (17/12/2018) diruang kerjanya. Sebanyak 20 Desa yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa diketahui belum menuntaskan pembyaran pajak. Bahkan ada yang belum membayar sama sekali. ‘’Tahun 2018 yang belum stor pajak sama sekali ada 20 Desa dari 10 Kecamatan,’’ terang Haji Bas, tanpa mengungkap identitas 20 desa tersebut.

Terhadap hal itu, pihaknya meminta agar desa yang belum membayar pajak sama sekali agar segera melakukan pembayaran. Jangan sampai itu lewat tahun anggaran 2018. Sebab, ketika pajak itu dibayarkan pada tahun 2019, maka akan dikenakan denda. ‘’Rupanya mereka ini sering kali setelah ada pemeriksaan baru mau bayar. Makanya kami minta untuk segera dibayar sebelum habis tahun 2018, supaya jangan sampai lewat tahun angarannya,’’ tukasnya.

Selain ada desa yang belum bayar pajak sama sekali, ada pula yang sudah bayar Rp 10 juta sampai Rp 25 juta, termasuk yang membayar Rp 25 juta keatas. ‘’Kami minta tadi segera untuk membayar, karenanmasih ada waktu sampai 31 Desember harus sudah harus distor. Itu ada 20 Desa belum bayar sama sekali artinya masih nol, terus yang dibawah Rp 10 juta ada 33 Desa di 15 Kecamatan, terus Rp 10 juta sampai Rp 25 juta ada 42 Desa di 24 Kecamatan,’’ ungkapnya.

Untuk pemeriksaan lanjutan, kata Haji Bas, akan dilakukan pada Bulan Januari 2019 mendatang. Menurutnya pembayaran pajak ini wajib, karena setiap desa ada dilakukam pembangunan fisik dari anggaran Pemerintah. ‘’Ada beberapa desa yang bilang sudah disimpan (Anggarannya) tinggal dibayar. Ketika ini tidak dituntaskan akhir tahun ini, maka akan ada dendanya, kami menghimbau meminta segera. Ini kesadaran membayar pajaknya masih kurang, terbukti masih ada sekian banyak Desa yang masih 0 sampai hari ini,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *