Jelang Pemilu, Wabup Imbau Warga Jaga Kondusifitas Daerah

Sumbawa, PSnews – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 tinggal beberapa bulan lagi. Masyarakat Kabupaten Sumbawa diminta untuk tetap menjaga kondusifitas daerah. “Memasuki tahun politik yaitu Pemilu 2019, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa khususnya di Kecamatan Moyo Hilir ini agar senantiasa ikut serta dalam menjaga kondusifitas lingkungan dan menciptakan suasana demokrasi yang tenang dan tenteram, dengan cara tidak terpancing dan terprovokasi dengan adanya berita yang tidak benar (hoax) beredar luas di media sosial, sehingga tidak terjadi gesekan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan,’’ imbau Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis (6/12/2018) di Masjid Syamsul Falah Kecamatan Moyo Hilir.

Beberapa hal penting lainnya juga disampaikan Wabup dalam kesempatan tersebut. Seluruh masyarakat diminta untuk bersama-sama selalu menjaga kondusifitas wilayah dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai tindak kejahatan, termasuk hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. “Saya mengajak kepada kita semua untuk meneladani sikap, perilaku dan akhlaq dari junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Hikmah dari Maulid merupakan hal yang sangat penting, agar ke depan kehidupan kita dapat lebih baik lagi,’’ tutur Haji Mo – akrab Wabup disapa.

Selain itu, terkait musim penghujan, masyarakat diminta lebih menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, melaksanakan gotong royong membersihkan saluran-saluran drainase di lingkungan sekitar, agar tidak terjadi banjir dan tidak terjangkit penyakit menular yang biasa terjadi di musim hujan seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit, ISPA, dan leptospirosis yang biasa ditularkan oleh tikus.

Termasuk kepada aparatur Pemerintah di Kecamatan seperti Kepala Dusun, Kepala Desa, Camat dan juga petugas kesehatan agar segera tanggap terhadap laporan dan keluhan masyarakat terkait bencana maupun wabah penyakit, dengan segera melakukan koordinasi dan bersinergi dengan institusi terkait serta melaporkannya kepada pimpinan di daerah.

Sementara itu, Camat Moyo Hilir – M. Lutfi Makki melaporkan kegiatan tersebut terselenggara berkat dukungan penuh dari seluruh Kepala Desa, Pemuka Agama se-Kecamatan Moyo Hilir. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kultur budaya Tau Samawa yang begitu kental dengan nilai-nilai ke-Islaman, yaitu Adat barenti ko Syara, Syara barenti ko Kitabullah. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *