TPA Raberas Tampung Ratusan Kubik Sampah Tiap Hari

Sumbawa, PSnews – Terdapat 294 kubik sampah setiap hari yang ditampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Raberas Kabupaten Sumbawa. Berdasarkan perhitungan awal usia tampung TPA Raberas saat ini telah maksimal. Namun dengan pengelolaan sistem Controlled Landfill, TPA Raberas masih dapat digunakan hingga 3 atau 4 tahun mendatang. “Tapi kita optimalkan pada penataannya, dari analisa satker kemarin itu masih bisa kita gunakan sekitar 3 sampai 4 tahun ke depan. Kita gunakan metode controlled landfill. Jadi, sampah itu ditumpuk kemudian dilapisi dengan tanah, begitu selanjutnya. Sekarang sudah berada pada ketinggian, elevasinya sudah melebihi jalan. Tapi itu masih rata,’’ kata KUPT Persampahan – Yulmaidir didampingi Kepala Satker Penanganan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa – Eko Wibowo kepada wartawan.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Sumbawa memiliki satu TPA dengan standart kualifikasi pemerintah. Dan rencanannya akan dibangun TPA lain di wilayah Desa Lekong Kecamatan Alas dengan menggunakan standar yang sama dengan TPA Raberas.

UPT persampahan Pemkab Sumbawa

Diungkapkan, UPT Persampahan saat ini memiliki 11 truk persampahan, dan 5 kontainer. Sedangkan perhitungan kebutuhan untuk melayani jumlah sampah dan wilayah Kabupaten Sumbawa, dibutuhkan sedikitnya 23 unit. Armada persampahan sementara berkonsentrasi di wilayah Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Unter Iwes dan Kecamatan Labuhan Badas. Namun juga melayani kebutuhan dan kegiatan diluar kecamatan konsentrasi. ‘’Kita sering bongkar jadwal, kita dukung gotong royong misalnya di Empang, Plampang, Alas dan lainnya. Kita bongkar itu biasa satu hari. Jadi jadual yang harusnya hari itu, berubah ke besoknya,’’ pungaksnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *