Produk Lokal Sumbawa Bakal Tersedia di Taman Genang Genis

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kecamatan Unter Iwes saat ini sedang menyiapkan konsep untuk pengembangan Taman Genang Genis. Di lokasi tersebut nantinya bakal tersedia produk lokal Sumbawa. Kepada wartawan, Camat Unter Iwes – Evi Supiati mengungkapkan, kegiatan jual beli di lokasi taman sudah dimulai. Dulunya hanya menjual makanan dan minuman, kini akan dikembangkan untuk bisa menyediakan produk lokal Sumbawa. Terhadap rencana pengembangan ini, Bupati Sumbawa pun sudah mempercayakan ke pihak Kecamatan. “Rencana besar kita untuk taman genang genis ini kedepan, kita mau jadikan genang genis ini tempat one stop shopping. Artinya semua produk yang ada di Kabupaten Sumbawa bisa didapatkan di taman genang genis. Bukan hanya produk yang ada di Unter Iwes, tapi juga produk di Sumbawa, bisa didapatkan disitu. Jadi orang tidak mesti ke Tarano untuk mencari masin maupun terasi, tidak harus ke Alas mencari jajan dipang,’’ ungkapnya Selasa (4/12/2018).

Evi Supiati

Menurutnya, beberapa pihak terkait digandeng untuk mensukseskan pengembangan tersebut, seperti Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sumbawa, Koperasi Syariah BMT (Baitul Maal dan Takwim), serta lainnya. Karena selain kuliner, di lokasi genang genis juga akan menjual barang-barang yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung, seperti kaos, kerajinan khas Sumbawa, termasuk tanaman hias organik yang sudah dikembangkan dibeberapa desa yang ada. “Banyak nanti kegiatan yang sifatnya transaksi ekonomi kita adakan di sana. Jadi sasaran kita ini tidak lagi hanya pengunjung se-kecamatan, se-kabupaten, bahkan kita menyasar pengunjung dari luar daerah,’’ tuturnya.

Diungkapkan, taman genang genis juga direncanakan sebagai salah satu destinasi tempat promosi wisata di Kabupaten Sumbawa. Lapak yang sudah ada tidak ada diganggu keberadaannya, tapi akan dibenahi agar lebih tertata. “Semua kegiatan kita utamakan disitu. Cuman ini  konsepnya belum terpilah secara teknis, ini kita masih harap peran-peran dari pemilik lapak. Kita beberapa kali bertemu untuk meminta kesanggupan mereka, untuk bersedia berdagang setiap hari. Ini untuk melihat mereka serius menanggapi apa yang diminta oleh pihak yang kita ajak kerjasama. Mereka sudah bersedia membenahi taman dan lapak mereka,’’ demikian Evi. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *