Bupati : Mari Tanamkan Tekad Untuk Memberikan Karya Terbaik

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengajak seluruh jajarannya untuk menanamkan tekad dan semangat agar kedepan dapat memberikan karya terbaik, sesuai profesi, tugas dan fungsi masing-masing. “Mari kita tanamkan tekad dan membulatkan semangat, agar ke depan, seiring dengan semakin beratnya tantangan di berbagai sektor pembangunan, kita dapat memberikan karya terbaik kita, sesuai profesi, tugas dan fungsi kita masing-masing,’’ kata Bupati dalam sambutannya pada Upacara Bendera Senin Pertama yang dirangkaikan dengan Peringatan HUT Korpri ke-47, HUT PGRI ke-73, Hari Kesehatan Nasional ke-54, dan Hari Karya Bhakti Pekerjaan Umum ke-73 Tahun 2018 pada Senin (3/12/2018) di halaman kantor Bupati Sumbawa.

Dijelaskan, penggabungan peringatan keempat hari besar tiada lain untuk efisiensi, sesuai semangat untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, yang di dalamnya terkandung prinsip-prinsip efektif dan efisien. Sesuai tema Peringatan HUT Korpri tahun 2018, yaitu “Korpri : Melayani, bekerja dan menyatukan bangsa”, diharapkan anggota korpri menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, dan berorientasi kerja, fokus pada pelayanan publik yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan terus melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, bisa makin cepat, bisa makin baik. Bupati minta kepada seluruh jajaran ASN lingkup Pemkab Sumbawa untuk segera memperkuat diri menjadi agen transformasi penguatan SDM, serta menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa.

Sejalan dengan tema Peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2018 yaitu “Guru sebagai penggerak perubahan dalam era revolusi industri 4.0.”, Bupati mengingatkan para guru di Kabupaten Sumbawa, bahwa guru bukan hanya sebuah pekerjaan yang dimaknai dengan tugas untuk mendidik anak-anak bangsa pada pendidikan formal saja, namun guru adalah panggilan jiwa untuk membantu menyalakan pelita pengetahuan dan kebajikan di dalam diri setiap anak bangsa, juga sebuah profesi yang menciptakan masa depan melalui karakter dan keterampilan generasi penerus bangsa, peran guru sangat strategis di dalam pembangunan nasional.

Kemudian, sesuai dengan tema Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2018, yaitu “Aku cinta sehat, ayo hidup sehat mulai dari kita”, diharapkan akan terbangun kesadaran untuk berperilaku sehat, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup. Bupati mengajak untuk bersama-sama menjadi pelopor dalam mengimplementasikan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), dengan membiasakan aktivitas fisik/berolah raga, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, dan meluangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan lingkungan sekitar.

Terkait dengan Peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) ke-73, diharapkan dapat menjadi momentum evaluasi khususnya bagi Dinas PUPR dan PRKP Kabupaten Sumbawa dalam memfasilitasi pemenuhan kebutuhan infrastruktur bagi masyarakat, baik transportasi, perumahan, pengairan, bahkan seluruh aspek dari berbagai infrastruktur dasar. ‘’Sejauh ini, saya melihat dinas-dinas lingkup PU yang ada di Kabupaten Sumbawa telah melakukan tugasnya secara baik. Meski demikian, tentu saja kita jangan cepat merasa puas dengan apa yang telah kita capai, karena kebutuhan akan infrastruktur akan terus meningkat. Kalau ada jalan dibangun 5 kilometer, maka akan dibutuhkan 10 kilometer lagi. Untuk itu, dinas-dinas lingkup PU harus lebih agresif, agar rakyat betul-betul merasa bahwa kita telah melaksanakan tugas dan peran yang maksimal dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur. Alhamdulillah, kita patut bersyukur bahwa pembangunan infrastruktur yang telah kita laksanakan telah terbukti mampu menggerakkan ekonomi riil dan turut menyumbang pertumbuhan ekonomi daerah. Selain itu, sektor ini juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar,’’ pungkasnya.

Sebelum upacara, diawali dengan pemberian hadiah secara simbolis kepada pemenang lomba dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-54 dan pemenang MTQ Korpri ke-4 Tingkat Provinsi tersebut turut dihadiri oleh Sekda Sumbawa, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Peerekonomian dan Pembangunan, Plt. Asisten Administrasi Umum, Pimpinan OPD, seluruh karyawan dan karyawati Lingkup Pemkab Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *