Puluhan Desa di Sumbawa Diberikan Pelatihan TPK3 PKK

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 36 Desa di Kabupaten Sumbawa diberikan Pelatihan Tim Penggerak Ketua Kelompok-Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPK3 PKK) yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Sumbawa pada Rabu (14/11/2018) di aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Panitia pelaksana kegiatan – Hj. Sudarmi Sukiman melaporkan, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang kelembagaan TP PKK, meningkatkan pengetahuan tentang cara menggerakkan kelompok warga, meningkatkan pengetahuan tata cara mengisi atau membuat pencatatan dan pelaporan kelompok-kelompok PKK dan dasa wisma, serta meningkatkan pengetahuan tata cara pengisian Sistem Informasi Posyandu (SIP). Jumlah peserta pelatihan sebanyak 180 orang yang terdiri dari 36 desa  di Kabupaten Sumbawa.

Sementara Ketua TP PKK Sumbawa – Hj. Amin Rahmani Husni Djibril dalam sambutannya mengatakan, gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan sebuah gerakan yang dibangun untuk mendukung program pemerintah dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat. Tujuan gerakan PKK yaitu memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Berkenaan dengan hal tersebut, diperlukan pemantapan pengelolaan gerakan PKK. Sebab, tim penggerak PKK bukan hanya suatu fasilitator yang memberikan kegiatan tambahan untuk masyarakat, namun kegiatan tersebut dibuat untuk menunjang pembangunan dan juga keahlian dalam berorganisasi.

Ketua TP PKK berharap, melalui kegiatan tersebut, peserta dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya dalam pengelolaan gerakan PKK melalui 10 program pokok PKK. Sebab TPK3 PKK dibentuk dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan 10 program pokok PKK di dalam masyarakat. ‘’Kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan ini dengan sunguh-sungguh sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kemampuan para kader PKK dalam menjalankan tugas organisasi sehingga pelaksanaan 10 program pokok PKK dapat berjalan sesuai dengan harapan. Gunakan kesempatan ini dengan baik untuk bertanya dan menggali pengetahuan dari para narasumber sebanyak-banyaknya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment