Hanya 57 Peserta Tes CPNS di Sumbawa Masuk Passing Grade

Sumbawa, PSnews – Selama 11 hari dari tanggal 3 hingga 13 November 2018, sebanyak 4.542 peserta Tes CPNS di Kabupaten Sumbawa sudah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dari jumlah itu, hanya 57 peserta yang masuk passing grade, baik yang melalui jalur umum maupun K2.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur – Nurfaridah kepada wartawan Rabu (14/11/2018). Dari 4.656 pelamar yang lolos administrasi, 114 diantaranya tidak hadir mengikuti seleksi. Artinya, sebanyak 4.542 peserta saja yang mengikuti SKD.

Dilanjutkan, hingga hari terakhir pelaksanaan SKD, jumlah peserta yang lulus sebanyak 57 orang, terdiri 51 dari jalur umum dan 6 dari K2. “Jadi keseluruhan yang lulus sebanyak 57 atau sekitar 20,27 persen dari jatah 275 formasi. Terdiri dari 51 yang umum dan 6 untuk K2,’’ terangnya.

Lebih jauh diungkapkan, formasi yang lulus untuk guru sebanyak 21 peserta (15 umum dan 6 K2), tenaga kesehatan 24 peserta, tenaga teknis dan fungsional lainnya sebanyak 12 peserta. Sementara yang kosong sama sekali atau tidak ada yang masuk passing grade, untuk formasi guru yakni guru PAI, IPS, Bahasa Indonesia, BK, dan PPKN. Kemudian untuk tenaga kesehatan yakni dokter gigi dan perawat ahli. Sedangkan tenaga teknis dan fungsional lainnya yakni pustakawan ahli pertama, arsiparis terampil, pengantar kerja, mediator hubungan industrial ahli pertama, penyuluh pertanian, medik veteriner, pengawas tata bangunan dan perumahan, analis humas dan protokol, serta analis pariwisata.

Dari hasil tes tersebut, kebanyakan yang tidak lulus ini di TIU (Tes Intelijen Umum). Sedangkan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) dan TKP (Tes Karakteristrik Pribadi) cukup bagus. “Terhadap yang kosong ini, mudah-mudahan dilakukan sistem perankingan untuk SKD terakhir. Karena untuk SKD ditetapkan kelulusan dengan Surat Keputusan Menpan-RB. Diperkirakan pengumumannya diatas tanggal 20 November,’’ tuturnya.

Dikatakan, bagi peserta yang berhasil masuk passing grade, masih tersisa satu tes lagi yang harus dilewati agar mereka dapat menyandang status sebagai CPNS, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk pelaksanaan SKB masih menunggu penetapan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). “SKB masih menunggu jadwal. Karena Desember pengumuman kelulusan secara final,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *