Risha Mulai Dibangun untuk Korban Gempa Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Seperti diketahui, dampak gempa yang bermagnitudo 7,0 SR pada tanggal 19 Agustus lalu, telah mengakibatkan 4 kecamatan di Kabupaten Sumbawa mengalami kerusakan cukup parah. Tercatat sebanyak 7 orang meninggal dunia, 684 orang luka-luka, dan 49.188 orang harus tinggal di tenda-tenda pengungsian. Sebanyak 9.040 unit sarana permukiman dan 230 unit sarana pendidikan, kesehatan dan keagamaan juga mengalami kerusakan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril pada acara Pemasangan Panel RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) Bantuan Stimulan Rumah Rusak Berat Akibat Gempa, pada Senin (2/10/2018) di halaman kantor Camat Alas Barat. Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa, pihaknya sangat mengapresiasi dan menyambut baik program pembangunan Risha. Untuk menangani dampak gempa yang melanda Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Daerah tidak mampu bekerja sendiri tanpa support dan solidaritas dari pihak-pihak terkait lainnya, khususnya Kementerian PUPR dan BNPB. ‘’Kami sangat berterimakasih atas perhatian dan kepeduliannya dalam membantu pemerintah daerah, membangun Rumah Instan Sederhana Sehat ini. Insya allah rumah ini nantinya akan sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat kita yang terdampak gempa,’’ tutur Bupati.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Kawasan Pemukiman Kementerian PUPR – Didiet Arief Hidayat dalam sambutan singkatnya menyampaikan, Risha merupakan bangunan yang aman, telah teruji dan sudah ada buktinya dilapangan. Dikatakan, Kementerian PUPR juga telah mendatangkan tenaga ahli untuk melakukan pendampingan bagi korban dan memastikan rumah yang dibangun bebas gempa.

Sementara, Kolonel Anggit Exton selaku Dan Sektor IV/Sumbawa menyampaikan, kehadirannya ditugaskan untuk mendukung dan membantu percepatan pembangunan, rehabilitasi dan rekonstruksi korban gempa di wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat yang termasuk dalam sektor IV. Dijelaskan, Rishamerupakan rumah yang ditentukan oleh Kementerian  karena telah diuji secara laboratorium tahan gempa. Diharapkan masyarakat korban gempa aktif dalam membantu, dengan membuat kelompok-kelompok untuk membangun rumah sendiri, yang secara teknis akan didampingi oleh tenaga ahli dan TNI.

Turut hadir pada acara tersebut, Anggota Fokopimda Kab. Sumbawa, Pimpinan OPD Kab. Sumbawa, Jajaran Kementerian PUPR, para Camat, Kepala Desa serta para korban bencana gempa. Demikian siaran pers Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Sumbawa, atas kerjasama yang baik kami sampaikan terima kasih. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *