Bupati Akui Keberadaan Tenaga Honorer Sangat Membantu

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa HM Husni Djibril mengaku sangat terbantu dengan keberadaan tenaga honorer didalam sistem Pemerintahan di Kabupaten Sumbawa, termasuk juga di daerah lainnya. Tenaga honorer sangat dibutuhkan, baik dari tingkat desa sampai Pemerintah Pusat. “Saya dan teman—teman yang ada di Pemerintahan Kabupaten Sumbawa ini sangat terbantu dengan keberadaan honorer ini. Saya yakin dan percaya itu juga terjadi di semua tempat,’’ terang Haji Husni saat menerima aksi dari Forum Komunikasi Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap Kabupaten Sumbawa, Senin (1/10/2018) di ruang Hasan Usman lantai I Kantor Bupati Sumbawa.

Meski sangat dibutuhkan, Bupati mengaku tidak memiliki kewenangan untuk mengangkat mereka sebagai PNS. Namun ada hal lain yang bisa dilakukan sesuai kewenangan, salah satunya dengan meningkatkan honor. Tetapi hal itu kembali lagi, harus sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. “Apakah hajat kita semua ini di PNS-kan, saya tidak bisa menjawab, karena itu bukan kewenangan saya. Tapi kami sebagai Pemerintah Kabupaten Sumbawa sangat prihatin, dan tidak abai terhadap hal itu,’’ tegasnya.

Dalam point ke 5 tuntutan massa aksi, yakni meminta pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga honorer dalam APBD di tingkat Kabupaten serta memberikan jaminan kesehatan melalui peserta PBI. Bupati mengaku memiliki kewenangan terebut. Pihaknya akan membicarakan itu dengan DPRD Sumbawa, apakah dimungkinkan. Karena untuk meningkatkan kesejahteraan harus melihat kondisi keuangan daerah. ‘’Kaitan dengan kesejahteraan tenaga honorer yang tersedia di APBD, ini menjadi pemikiran kami lebih lanjut. Karena program-program masyarakat memang tertuang juga dalam APBD kita. Seluruh kebutuhannya juga terungkap dengan jelas, maka ketika ini menjadi pemikiran kami, maka tentu akan bergantung pada ketersediaan anggaaran. Kalau ketersediaan anggaran bisa terpenuhi, InsyaAllah kami akan lakukan. Ketika anggaran cukup maka akan terpenuhi. Ketika tidak cukup, maka jangan memaksakan. Saya tidak berjanji, tapi saya tetap usahakan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *