Sekitar 7000 Pemilih Pemula di Sumbawa Belum Miliki e-KTP

Sumbawa, PSnews – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa, akan memprioritaskan para pemilih pemula untuk melakukan perekaman e-KTP. Menyusul ada ribuan pemilih pemula yang saat ini sedang diverifikasi datanya.

Kepala Disdukcapil Sumbawa – H Zulqifli mengatakan, sekitar 7000 pemilih pemula di Kabupaten Sumbawa yang belum melakukan perekaman e-KTP. Maka dari itu pihaknya akan memprioritaskannya. ‘’Jadi intinya begini, ada lebih kurang 7000 orang pemilih pemula yang belum perekaman, itu yang akan kita prioritaskan. Artinya yang lain sudah kita lakukan,’’ terangnya.

Pihaknya mengaku sudah menerima data dari KPU Sumbawa terkait nama-nama pemilih pemula yang berusia 17 tahun yang terhitung hingga 17 april 2019. Kini pihaknya sedang melakukan verifikasi terhadap data tersebut, sebab dari 7000 orang itu kemungkinan ada yang telah terjaring pada saat perekaman yang dilakukan di kecematan. ‘’Artinya nanti bisa kurang dari 7000 orang. Kalau dari data itu sudah ada yang melakukan perekaman,’’ tuturnya.

Setelah dilakukan verifikasti, lanjutnya, pihaknya akan membuatkan undangan untuk hadir dipelayanan perekaman e-KTP bagi para pemilih pemula dimaksud. Menurutnya jemput bola ini merupakan cara yang efektif, sebab cara tersebut telah digunakan pada saat Pilgub NTB lalu. ‘’Nanti kita buatkan mereka undangan untuk ketempat pelayanan, ini cukup efektif, sudah kita coba waktu Pilgub kemarin. Jadi tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak tahu kapan dan dimana tempat perekaman e-KTP,’’ pungasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *