Bantuan Korban Gempa di Sumbawa Terus Tersalurkan

Sumbawa, PSnews – Hingga saat ini warga terdampak gempa di Kabupaten Sumbawa masih ada yang tidur di pengungsian. Uluran tangan dari dermawan pun masih terus tersalurkan. Tidak hanya dari daerah yang ada di Pulau Sumbawa saja, tapi juga dari beberapa daerah lainnya. 

Seperti yang dilakukan tim Petrokimia Gresik – Surabaya yang menyalurkan bantuan logistik senilai ratusan juta kepada korban gempa di tiga kecamatan terparah pada Sabtu (1/9/2018). Rombongan tim dipimpin Winarno, yang merupakan Kepala Departemen Sosial Budaya Serikat Karyawan Petrokimia Gresik. Ia bersama Chandra, Anton dan Nita, Pimpinan Petrokimia NTB Muhammad Nuh, serta Anggota DPRD Sumbawa H Salman Alfarizi. Awalnya mereka menyerahkan bantuan berupa air mineral, mie instan, terpal, selimut dan kebutuhan lainnya ke Kecamatan Buer, yang diterima langsung Camat setempat, dan pada saat itu pula disebarkan ke tiap-tiap perwakilan desa. Kemudian melanjutkan kegiatan serupa di Desa Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat, dimana bantuan diserahkan langsung Kadus setempat. Dan terakhir ke Desa Dalam Kecamatan Alas, dan bantuannya diterima perwakilan masyarakat.

Dalam kunjungannya ke Kecamatan Alas dan Buer, Winarno dan rekannya sempat berinteraksi dengan anak-anak pengungsi. Ia mengajak anak anak bercanda melakukan beberapa permainan sambil bernyanyi, sehingga membuat anak-anak itu menjadi semangat, dan sejenak lupa dengan kejadian yang menimpa wilayah sekitar. Di penghujung permainan, para anak-anak pengungsi diberikan hadiah berupa susu dan makanan ringan, sehingga menambah keceriaan mereka. ”Setelaha melihat pengungsian, saya semangat membantu karena bagaimana pun dan sekecil apapun efek gempa yang namanya rumah kalau sudah retak itu tidak bisa dihuni. Kalau masalah kerusakan, semua gempa merusak, dan itu kita tidak ada parah atau lebih parah, semua statusnya sama,” tuturnya.

Diungkapkan, bantuan yang disalurkan merupakan donasi dari karyawan Petrokimia Gresik, dengan total nilai Rp 100 juta. Ada juga bantuan tambahan dari SMA Negeri 1 Gresik yang dititipkan ke tim.

Ditambahkan, bantuan kali ini dikhususkan bagi Kabupaten Sumbawa. Setelah sebelumnya sudah pernah menyerahkan bantuan bagi korban gempa di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara. ”Kami juga sedang menggalang dana tambahan, Insya Allah kami akan ke Sumbawa Barat untuk melakukan hal yang sama,” tukasnya.

Pihaknya berharap, bantuan yang diberikan tersebut dapat mengurangi beban para korban yang terdampar. Pengungsi juga diharap tidak mengalami trauma yang berkepanjangan. ”Segera bangkit. Saya berharap juga kepada Allah agar gempa ini segera berakhir,” pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *