Amman Mineral dan Aliansi Mitra Kerja Salurkan Bantuan Korban Gempa di Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, PSnews – PT Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman Mineral) dan Aliansi Mitra Kerja secara simbolis menyerahkan bantuan untuk para korban bencana gempa bumi di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pasca gempa berkekuatan 6,9 magnitudo mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (19/8/2018) yang lalu. Penyaluran bantuan ini sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan kepeduliannya kepada masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi, Total nilai bantuan Rp 1,1 Milyar yang telah dan akan diberikan dalam bentuk barang serta perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat Sumbawa Barat pasca bencana ini diserahkan oleh Sr. Manager Social Responsibility Amman Mineral, Syarafuddin Jarot dan diterima langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. Menteri Sosial RI, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si yang sedang melakukan kunjungan kerja di Provinsi NTB juga berkesempatan untuk menyaksikan penyerahan bantuan tersebut, pada Kamis (30/8/2018).

Selain berupa barang dan perlengkapan, Amman Mineral dan Mitra Kerja Aliansi juga memberikan bantuan dalam bentuk pelayanan kesehatan oleh dokter dan paramedis, fasilitas MCK darurat, percepatan proses rehabilitasi dengan mengalokasikan alat berat untuk membantu pembersihan reruntuhan di wilayah yang ditentukan pemerintah setempat, dan program trauma healing termasuk di dalamnya program pelatihan trauma healing bagi para fasilitator lokal di wilayah yang terdampak bencana.

Sr. Manager Social Responsibility Amman Mineral, Syarafuddin Jarot mengatakan, Amman Mineral dan Aliansi Mitra Kerja menyampaikan rasa prihatin dan duka cita yang mendalam atas bencana gempa bumi yang hampir satu bulan ini terus mengguncang wilayah NTB. “Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan, pasca bencana gempa bumi kami melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan pemerintah setempat untuk menentukan jenis bantuan yang diperlukan dan sasaran penyalurannya di wilayah-wilayah terdampak,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M mengatakan, mewakili Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, dirinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian yang ditunjukkan oleh seluruh karyawan dan manajemen Amman Mineral dan perusahaan Aliansi Mitra Kerja. “Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan mengurangi beban masyarakat yang terdampak akibat bencana gempa bumi ini,” sebut Musyafirn

Lebih lanjut Jarot menjelaskan, bantuan yang diberikan oleh Amman Mineral dan Aliansi Mitra Kerja ini mungkin belum mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat yang menjadi korban bencana gempa bumi. Namun pihaknya akan mengupayakan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki perusahaan untuk bisa membantu masyarakat yang terdampak bencana. “Harapan kami inisiatif ini bisa diikuti oleh berbagai pihak untuk bersama-sama membantu mengurangi sebagian kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat yang sedang terkena musibah ini,” tandasnya.

Jarot menambahkan, dalam waktu dekat Amman Mineral dan Aliansi Mitra Kerja juga akan menyerahkan bantuan untuk masyarakat terdampak di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Seperti diketahui bencana gempa bumi secara beruntun telah mengguncang wilayah NTB sejak Minggu (29/7) dimulai dengan gempa berkekuatan 6,4 Magnitudo yang memberikan dampak signifikan di wilayah Lombok Utara. Kemudian diikuti dengan gempa 6,9 Magnitudo yang terjadi Minggu (19/8) di wilayah Lombok Timur yang juga berdampak signifikan di wilayah Sumbawa barat dan Sumbawa Besar. Amman Mineral dan Aliansi Mitra Kerja telah memulai bantuan kemanusiaan sejak gempa pertama terjadi di Lombok dengan menurunkan Tim Tanggap Bencana yang terdiri dari Tim Penyelamat, Tim Kesehatan dan Tim Logistik. Tim Kesehatan Amman Mineral dan Aliansi Mitra Kerja hingga hari ini telah memberikan pelayanan kesehatan kepada lebih dari 1.425 orang di wilayah terdampak bencana. (PSa)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *