Ini Pesan Wabup Sumbawa di Hari Pramuka ke-57

Sumbawa, PSnews – Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pramuka ke-57 tahun 2018, Selasa (14/8/2018) di Lapangan Desa Kanar Kecamatan Labuhan Badas. Dalam kesempatan itu, Wabup berpesan agar gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah, jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis.

Selain itu, Haji Mo – panggilan akrab Wabup juga berharap kepada seluruh jajaran pramuka, baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur, agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia. Kaum muda yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berpikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak. ‘’Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada gerakan pramuka Kwarcab Sumbawa, yang telah dengan sigap mengirimkan para relawannya untuk mendukung penanganan bencana gempa di pulau Lombok,’’ tuturnya.

Wabup Sumbawa (tengah) bersama jajaran Kwartir Cabang Sumbawa

Menurut Wabup, pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berperilaku. Gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia.

Dalam konteks Indonesia, lanujut Haji Mo, gerakan pramuka menjadi “Rumah Kita Bersama”, dan itulah harapan bangsa kepada gerakan pramuka. Hari Pramuka ke-57 yang mengangkat tema “Pramuka Perekat NKRI”, diharapkan dapat mempersatukan bangsa ini. Tema tersebut menegaskan, bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia, untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

Dijelaskan, diusia ke-57 tahun, gerakan pramuka telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. Dengan semangat yang tidak pernah pudar, dan tidak boleh pudar, serta bekerja keras, gerakan pramuka telah memberikan yang terbaik bagi daerah, bangsa dan negara tercinta. Wabup menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya para orang tua dan guru, agar tidak ragu-ragu memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya, untuk mengikuti kegiatan kepramukaan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *