Dislutkan Sumbawa Mulai Perkuat Kelembagaan TPI

Sumbawa, PSnews – Pemda Sumbawa mulai memperkuat kepengurusan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang tersebar dibeberapa lokasi di Kabupaten Sumbawa. Itu dilakukan untuk lebih memaksimalkan keberadaan TPI dimaksud.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa – Dirmawan kepada media ini. Penataan TPI tersebut dilakukan dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT). ’’Sekarang mulai kita tata TPI. Jadi kita sekarang sudah membentuk UPT TPI diwilayah barat dan timur Sumbawa,’’ ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan, untuk diwilayah barat itu di UPT TPI Tanjung Pengamas, dengan wilayah kerjanya mulai dari Labuhan Sumbawa sampai Alas Barat. Sementara untuk wilayah timur yakni UPT TPI Teluk Saleh yang pusatnya di Teluk Santong. ‘’Ini yang sedang kita benahi. Tentu harus kita bentuk lembaganya dulu supaya lebih maksimal,’’ tukasnya.

Diungkapkan, ada beberapa TPI yang sudah dibangun hampir diseluruh sentra produksi di Kabupaten Sumbawa. seperti di Labuhan Mapin, Labuhan Bua, Tanjung Pengamas, Labuhan Jambu, Teluk Santong.

Sementara untuk wilayah selatan sejauh ini belum ada. Alasannya, nelayan yang menangkap ikan hampir kebanyakan dari luar, dan tidak mendarat diwilayah sekitar. Apalagi untuk membangun dermaga di wilayah selatan dirasa sangat sulit. ‘’Fasilitas di TPI saya kira hampir kurang semua. Karena TPI itu perlu sarana timbangan, juga personel. Untuk satu TPI bisa 10 orang. itu yang sedang kita tata UPT dan personelnya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *